Para calon mahasiswa tentunya mengetahui jurusan kuliah yang banyak dicari perusahaan. Termasuk jurusan yang lulusannya paling gampang mencari pekerjaan. Jangan sampai hanya karena mengejar jurusan sepi peminat untuk masuk perguruan tinggi ternama, malah justru sulit mendapatkan pekerjaan. Hal ini akan menjadi penyesalan dikemudian hari. 

Jurusan yang banyak dicari perusahaan umumnya memiliki daya saing tinggi dalam sebuah universitas. Apalagi Universitas tersebut negeri dan ternama. Namun, jurusan kuliah yang kalian pilih juga harus sesuai dengan minat dan bakat, agar kalian tidak merasa kuliah menjadi sebuah beban. Dari sekian banyaknya jurusan kuliah yang ada, berikut beberapa jurusan yang lulusannya paling banyak dicari di dunia kerja yang mungkin akan kamu minati:

Dilansir dari berbagai sumber, berikut jurusan kuliah yang lulusannya paling banyak dicari perusahaan:

1. Akuntansi dan Keuangan

Salah satu lulusan yang banyak dicari di dunia kerja adalah lulusan jurusan akuntansi dan keuangan. Pasalnya, setiap perusaahan akan membutuhkan seorang akuntan. Peluang karier lulusan jurusan ini pun terbuka lebar, mulai dari akuntan publik, auditor internal, analis keuangan, hingga manajer perpajakan.

2. Teknik Industri

Jurusan yang banyak dicari perusahaan selanjutnya adalah tekhnik industri. Para lulusan industri punya keahlian dalam proses perancangan, perencanaan, modifikasi, pengendalian, serta peningkatan kinerja sistem dalam sebuah perusahaan. Selain itu, ilmu tersebut juga bisa diintegrasikan dengan beragam ilmu disiplin lainya seperti matematika, fisika, analisis desain teknik, serta ilmu komputer. Untuk itu, lulusan Tekhnik industri tidak hanya bekerja di sektor industri, tetapi bisa berkecimpung di sektor logistik, manufaktur, teknologi informasi, keuangan, konsultasi, pelayanan masyarakat, dan lain sebagainya. Bahkan, ada pula perusahaan yang memerlukan tenaga lulusan teknik industri untuk mengisi divisi Safety, Health, and Environment (SHE).

3. Sistem Informasi

Sistem informasi tidak hanya mempelajari aspek tekhnis terkait teknologi informasi, tetapi pengetahuan tentang manajemen dan bisnis. Untuk itu, bukan hanya perusahaan swasta yang membutuhkan lulusan sistem informasi, melainkan lembaga pemerintah pun membutuhkan.

4. Teknik Informatika

Jurusan kuliah yang banyak dicari perusahaan dan paling populer saat ini adalah tekhnik informatika. Mahasiswa teknik informatika akan memperoleh pengetahuan terkait pengolahan data dan proses logika. Era industri 4.0 memberi lulusan teknik informatika peluang kerja tidak hanya di perusahaan swasta, tetapi juga di instansi pemerintah atau pun BUMN. Tak hanya itu, ada pula peluang mendirikan startup atau menjadi konsultan di bidang teknologi informasi.

5. Managemen Bisnis

Jurusan ini dapat membantu mengelola bisnis dan manajemen dengan lebih baik sehingga mampu bersaing di tingkat global. Tak hanya itu, lulusan kuliah ini bisa memanfaatkan pengetahuan untuk bekerja sebagai manajer HRD, marketing, ataupun business researcher.

6. Kedokteran

Tidak dipungkiri, kesehatan menjadi bagian penting sehingga jurusan kedokteran menjadi salah satu jurusan yang patut untuk kamu pilih karena nantinya akan banyak dicari setelah kamu lulus. Jenjang karier lulusan kedokteran juga cukup menjanjikan. Selain kamu bisa membuka praktik, kamu juga bisa membuka layanan konsultasi online. Setelah mendapati gelar dokter, kamu juga dapat melanjutkannya kembali sekolah kedokteran dengan mengambil spesialisasi di bidang tertentu sesuai dengan minatmu.

7. Bahasa Asing

Bukan rahasia lagi jika kini banyak perusahaan yang secara spesifik menyebutkan bahwa perusahaannya membutuhkan karyawan yang memiliki kemampuan bahasa asing yang bagus dalam merekrut karyawannya. Hal inilah yang membuat jurusan bahasa asing, seperti bahasa inggris, bahasa mandarin, atau bahasa jepang masuk ke dalam jurusan yang banyak dicari di dunia kerja nantinya. Prospek pekerjaan yang bisa diambil jurusan ini tidak hanya sekedar penerjemah, tapi juga bisa menjadi jurnalis, interpreter, hingga staf diplomatik. Menarik bukan?

8. Psikologi

Jurusan yang banyak dicari di dunia kerja selanjutnya adalah jurusan psikologi. Seperti yang diketahui, kini jasa psikolog makin dibutuhkan karena makin banyak yang menyadari pentingnya menjaga kesehatan mental. Lulusan psikologi dibutuhkan untuk banyak hal, mulai dari menganalisis, memecahkan masalah, mengelola data, melakukan asesmen, dan mengelola empati. Peluang kerja lulusan psikologi tidak hanya sekedar menjadi psikolog, tapi juga sebagai asesor, konsultan pendidikan, dan personalia.

9. DKV atau Desain Komunikasi Visual

Salah satu juruan kuliah yang banyak diminati karena diketahui banyak prospek kerjanya, terutama di era industri 4.0 adalah jurusan DKV atau Desain Komunikasi Visual. Jurusan ini mengajari berbagai macam hal mulai dari seni desain ilustrasi, desain web, hingga animasi. Intinya mahasiswa lulusan DKV harus bisa mengelola pesan dan konsep komunikasi secara efektif, informatif, dan komunikatif melalui media yang ada. Prospek kerja lulusan DKV antara lain web designer, graphic designer, illustrator, art director, visual designer, creative director, hingga animator.

10. Arsitektur

Siapa bilang jurusan arsitektur tidak banyak dicari di dunia kerja? Nyatanya, jurusan satu ini memiliki prospek kerja yang bagus karena banyak dibutuhkan di industri kreatif. Lulusan arsitektur biasanya dicari sebagai desainer spasial dan interior, perencanaan wilayah, desainer set di industri hiburan, surveyor bangunan hingga peninjau bangunan bersejarah. Meski jurusan kuliah semakin banyak, nyatanya 8 jurusan yang telah disebutkan di atas tidak pernah sepi peminat, karena memang dibutuhkan di dunia kerja.

***

Bimbel PLC Pekanbaru merupakan Bimbel Persiapan SNBT & Ujian Mandiri terbaik di Pekanbaru. Bimbel PLC menyediakan berbagai program pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa mulai dari Les Bebas, Les Kelas, Les Private, Les Akademik & Psikologi, Les Jasmani, hingga Les Persiapan selama 1 tahun.

 

Bimbel PLC Pekanbaru memanfaatkan teknologi terkini dalam proses pembelajaran, seperti penggunaan Aplikasi PLC Siswa untuk mendukung pembelajaran, simulasi tes berbasis CAT, Les Online dan TryOut Online melalui aplikasi, fitur pembahasan soal secara GRATIS, sehingga mempermudah akses siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu, tersedia juga Modul Belajar dengan UPDATE SOAL setiap tahunnya agar siswa lebih mantap lagi dalam mengasah soal-soal persiapan tes.

 

Bimbel PLC juga telah berhasil membawa banyak siswa untuk meraih prestasi dan cita-citanya, antara lain: PLC berhasil membantu 117 Siswanya LULUS Bintara Polri 2023, LULUS AKPOL 2023 sebanyak 4 orang, LULUS Kedinasan 2023 di berbagai instansi, CPNS, Siswa LULUS SNBT 2023 di berbagai Kampus Terbaik di Indonesia, dan masih banyak lagi.

 

Untuk kamu yang butuh persiapan tes secara maksimal, bimbingan belajar intensif, ayo bergabung bersama PLC Pekanbaru. Bersama PLC Pekanbaru, raih cita-citamu dari sekarang!

 

* Bimbel Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-polri/

* Bimbel TNI Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-tni/

* Bimbel Kedinasan Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-kedinasan/

* Bimbel SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sd/

* Bimbel SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-smp/

* Bimbel SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sma/

* Bimbel Persiapan Masuk Kampus Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-masuk-kampus/

* Bimbel Lainnya Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-lainnya/

* Les Private AKPOL Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/akpol/

* Les Private Bintara Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/bintara/

* Les Private SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sd/

* Les Private SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/smp/

* Les Private SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sma/

* Les Private Persiapan UTBK Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/persiapan-utbk/

* Les Private IPDN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/ipdn/

* Les Private STAN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/stan/

* Les Private CPNS Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/cpns/

* Fitur Belajar Online Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/belajar-online/

* TryOut PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/tryout-nasional/

* Konsultasi PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/konsultasi-premium/

* Tes PSIKOTES PLC Terbaik di Pekanbaru: https://psikotes.plcpekanbaru.com/dashboard/

 

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kami:

 

Website: www.plcpekanbaru.com

Instagram: https://instagram.com/plcpekanbaru?igshid=MmIzYWVlNDQ5Yg==

TikTok: www.tiktok.com/@plcpekanbaru

Youtube: https://youtube.com/@BIMBELPLCPEKANBARU

Shopee: https://shope.ee/3KxhsQJu2Z

Tokopedia: https://tokopedia.link/ZFRp9VAy7Bb

Buku Terkait
Paket Les Terkait
Share:

Tags: Umum