SMA Taruna Nusantara (biasa juga disebut Tarnus atau TN) adalah sebuah Sekolah Menengah Atas berasrama yang terletak di Jalan Raya Purworejo Km.5, Banyurejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Sekolah ini dikenal dengan penekanan pada nilai-nilai kebangsaan dan kedisiplinan semi militer, di samping berbagai prestasi akademik dan kepemimpinan.

Di SMA Taruna Nusantara siswa dididik, ditempa, dan dibangun menjadi pribadi yang memiliki keunggulan komparatif, kompetitif dan distingtif aspek karakter dan kepribadian, akademik serta kesamaptaan jasmani berdasarkan wawasan kejuangan, kebangsaan dan kebudayaan Indonesia.

SMA Taruna Nusantara dapat diartikan sebagai “pemuda dari seluruh pelosok pulau” (taruna = pemuda, nusa = pulau). KataTaruna sendiri biasa dipakai untuk menyebut siswa AKABRI. SMA Taruna Nusantara menjaring siswa berprestasi lulusan SMP atau sederajat dari berbagai golongan strata ekonomi dan sosial.

Sekolah unggulan ini milik Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN) Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Perumahan (YKPP). LPTTN sebagai unit pengelola SMA TN berkedudukan di Jakarta. Kewajiban dan kewenangan LPTTN menyangkut managemen perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan/pengendalian kegiatan operasional SMA Taruna Nusantara. Dalam hal ini LPTTN memiliki kewenangan dalam managemen personil atau Sumber Daya Manusia, keuangan, dan material.

Dalam bidang SDM LPTTN menyelenggarakan rekruitmen siswa baru, rekruitmen dan pengelolaan/pembinaan personil, serta menetapkan keputusan-keputusan mendasar mengenai siswa dan pamong SMA Taruna Nusantara, seperti penetapan sanksi berat bagi pelanggaran siswa, pengangkatan dan pemberhentian ikatan kerja personil, kenaikan pangkat dan penghasilan.

Dalam hal managemen keuangan LPTTN merumuskan rencana anggaran belanja sekolah berdasarkan pengajuan SMA Taruna Nusantara dengan pertimbangan komite sekolah dan YKPP. Dalam bidang material LPTTN memiliki kewenangan dalam merancang, mengadakan, memelihara serta meningkatkan perangkat keras berupa sarana prasarana dan fasilitas pendidikan.

Disamping itu LPTTN juga memiliki kewenangan dalam konsep dasar dan filosofi pendidikan, strategi pendidikan, kurikulum, serta perangkat lunak pembinaan kesiswaan dan ketenagaan, Seleksi masuk SMA Taruna Nusantara merupakan sebuah proses yang sangat ketat dan panjang. Pada proses seleksi Casis (Calon Siswa), SMA Taruna Nusantara menjunjung tinggi sikap profesional dan integritas sehingga siswa-siswi yang akan diterima adalah siswa-siswi terbaik dari seluruh penjuru nusantara.

Salah satu tahapan Tes seleksi Masuk atau Penerimaan Siswa Baru (Peserta didik baru) SMA Taruna Nusantara, antara lain:

  1. Administrasi. Meneliti data Casis pada formulir pendaftaran dihadapkan pada persyaratan penerimaan, dilaksanakan di daerah/Ajen.
  2. Akademik. Soal Tes Masuk SMA Taruna Nusantara anatara lain ,Tes Potensi Akademik (TPA), Placement Test, Bhs Indonesia, Bhs Inggris, Matematika, IPA dan Wawancara. Casis yang dinyatakan lulus Seleksi Akademik akan dipanggil mengikuti Pemeriksaan Psikologi, di daerah yang ditunjuk. Seleksi akademik untuk empat mata pelajaran tersebut. Soal Tes SMA Taruna Nusantara terkenal sangat berat. Bobot soal setara pelajaran di tingkat SMA. Lebih dari 70% peserta seleksi gugur pada tahap ini, dari sekitar 2.500 peserta tes akademik, hanya sekitar 700 yang dinyatakan lolos.
  3. Pemeriksaan Psikologi. Casis yang dinyatakan lulus Pemeriksaan Psikologi akan dipanggil mengikuti Pemeriksaan Kesehatan, di daerah yang ditunjuk.
  4. Kesehatan Umum dan Kesehatan Jiwa. Casis yang dinyatakan lulus Pemeriksaan Kesehatan akan dipanggil mengikuti Seleksi Tingkat Pusat.
  5. Jika lolos ketahap selanjutnya, Para Calon siswa akan mengikuti tahap wawancara. Tahap Wawancara dilakukan di Balairung Pancasila SMA Taruna Nusantara.

Berikut ini beberapa Soal Tes Masuk SMA Taruna Nusantara :

1. Soal Tes Masuk SMA Taruna Nusantara di bidang Tes Potensi Akademik (TPA)

TPA merupakan tes psikologi yang digunakan untuk mengukur kegesitan mental seseorang ketika berurusan dengan obyek kata (verbal), angka (numeris) dan gambar (figural). Nilai TPA rerata nasional adalah 500.

  • Tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, tes pengelompokan kata, tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), serta tes logika cerita.
  • Tes angka berfungsi mengukur kegesitan mental seseorang di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Tes ini meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan tes angka dalam cerita.
  • Tes figural berfungsi mengukur kegesitan mental seseorang berurusan dengan gambar, simbol dan diagram. Tes ini meliputi tes logika diagram.

Berikut ini tips mengerjakan Soal Tes Masuk SMA Taruna Nusantara, antara lain :

  • Pahami materi dengan rumus-rumusnya kuasai dasarnya
  • Pelajari soal yang ada pembahasannya
  • Jangan lupa berlatih sesering mungkin
  • Sering mengikuti Try out

Tips mengerjakan Soal Tes Masuk SMA Taruna Nusantara di bidang tes verbal :

  • Banyak membaca.
  • Pelajari kata yang tidak dimengerti
  • Buat daftar kata-kata tidak umum.

Tips mengerjakan Soal Tes Masuk SMA Taruna Nusantara di bidang Tes Numerik :

  • Latihan menghitung cepat.
  • Pilih soal yang mudah lebih dulu.
  • Asah logika berpikir.
  • Jangan panik dan tetap tenang

2. Soal Tes Masuk SMA Taruna Nusantara di bidang psikologi

Ada beberapa jenis pembagian dalam tahapan psikotes, antara lain :

  • Tes kemampuan
  • Tes kepribadian
  • Tes IQ
  • Tes kreatifitas

Calon siswa yang diterima sebagai siswa baru SMA Taruna Nusantara, ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala LPTTN selaku Ketua Panpus. Keputusan Kepala LPTTN tidak dapat diganggu gugat. Saat mengerjakan soal jangan panik. Karena jika kalian dalam kondisi panik, pikiran kalian pasti akan buyar dan semua yang kalian pelajari akan menghilang begitu saja.

Pastikan diri kalian tenang dan jangan lupa berdoa saat mengerjakan Soal Tes Masuk SMA Taruna Nusantara. Semoga bermanfaat.

Yuk Beli Buku Akademik dan Psikologi Akpol, untuk link shopee berikut : PLC Pekanbaru

***

Bimbel PLC Pekanbaru merupakan Bimbel Taruna Nusantara terbaik di Pekanbaru. Bimbel PLC menyediakan berbagai program pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa mulai dari Les Bebas, Les Kelas, Les Private, Les Akademik & Psikologi, Les Jasmani, hingga Les Persiapan selama 1 tahun.

 

Bimbel PLC Pekanbaru memanfaatkan teknologi terkini dalam proses pembelajaran, seperti penggunaan Aplikasi PLC Siswa untuk mendukung pembelajaran, simulasi tes berbasis CAT, Les Online dan TryOut Online melalui aplikasi, fitur pembahasan soal secara GRATIS, sehingga mempermudah akses siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu, tersedia juga Modul Belajar dengan UPDATE SOAL setiap tahunnya agar siswa lebih mantap lagi dalam mengasah soal-soal persiapan tes.

 

Bimbel PLC juga telah berhasil membawa banyak siswa untuk meraih prestasi dan cita-citanya, antara lain: PLC berhasil membantu 117 Siswanya LULUS Bintara Polri 2023, LULUS AKPOL 2023 sebanyak 4 orang, LULUS Kedinasan 2023 di berbagai instansi, CPNS, Siswa LULUS SNBT 2023 di berbagai Kampus Terbaik di Indonesia, dan masih banyak lagi.

 

Untuk kamu yang butuh persiapan tes secara maksimal, bimbingan belajar intensif, ayo bergabung bersama PLC Pekanbaru. Bersama PLC Pekanbaru, raih cita-citamu dari sekarang!

 

* Bimbel Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-polri/

* Bimbel TNI Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-tni/

* Bimbel Kedinasan Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-kedinasan/

* Bimbel SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sd/

* Bimbel SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-smp/

* Bimbel SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sma/

* Bimbel Persiapan Masuk Kampus Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-masuk-kampus/

* Bimbel Lainnya Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-lainnya/

* Les Private AKPOL Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/akpol/

* Les Private Bintara Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/bintara/

* Les Private SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sd/

* Les Private SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/smp/

* Les Private SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sma/

* Les Private Persiapan UTBK Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/persiapan-utbk/

* Les Private IPDN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/ipdn/

* Les Private STAN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/stan/

* Les Private CPNS Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/cpns/

* Fitur Belajar Online Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/belajar-online/

* TryOut PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/tryout-nasional/

* Konsultasi PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/konsultasi-premium/

* Tes PSIKOTES PLC Terbaik di Pekanbaru: https://psikotes.plcpekanbaru.com/dashboard/

 

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kami:

 

Website: www.plcpekanbaru.com

Instagram: https://instagram.com/plcpekanbaru?igshid=MmIzYWVlNDQ5Yg==

TikTok: www.tiktok.com/@plcpekanbaru

Youtube: https://youtube.com/@BIMBELPLCPEKANBARU

Shopee: https://shope.ee/3KxhsQJu2Z

Tokopedia: https://tokopedia.link/ZFRp9VAy7Bb

Buku Terkait
Paket Les Terkait
Share:

Tags: Umum