Cara Mengikuti Ujian Tryout


Ikuti petunjuk berikut ini untuk melakukan ujian tryout.

1. Login Siswa

Pilih "Login Sebagai Siswa" kemudian masukkan email dan password anda. Lalu, masukkan kode Capcta yang tertera di form login.

2. Buka Halaman Ujian Tryout di Dashboard

  1. Jika akun kamu adalah akun Basic maka kamu harus melakukan pengisian saldo terlebih dahulu. Namun jika akun kamu adalah Premium maka kamu bisa langsung menikmati fitur ujian tryout.
  2. Untuk akun bertipe Basic maka tekan tombol "Deposit Saldo" untuk melakukan pengisian saldo. Kamu bisa baca petunjuk pengisian saldo disini.
  3. Klik menu ujian tryout disebelah kiri sesuai gambatr dengan kotak nomor 3 diatas, maka kamu akan diarahkan kehalaman pilihan ujian tryout.

3. Pilih Salah Satu Ujian yang Ingin Diikuti

Melalui halaman ini kamu bisa memilih jenis ujian tryout yang ingin kamu ikuti lalu tekan tombol "Ikut Ujian". Untuk tombol berwarna hitam diatas dengan tulisan "Lihat History Tryout" adalah tombol untuk melihat seluruh history ujian tryout yang sudah pernah kamu dikerjakan.

4. Pastikan Kamu Telah Memilih Ujian Tryout yang Benar

Perhatian sejenak informasi tentang ujian tryout yang kamu pilih, jika kamu merasa tidak tepat maka kamu dapat menekan tombol "Kembali" untuk memilih ujian tryout yang lain. Namun jika kamu merasa sudah tepat maka kamu dapat menekan tombol "Mulai Ujian".

Tergantung dari jenis ujian tryout yang kamu pilih. Jika ujian tryout yang kamu pilih menggunakan sistem pemilihan fakultas sebagai bahan perbandingan passing grade, maka secara otomatis kamu akan di arahkan ke halaman pemilihan universitas sebanyak jumlah yang telah ditentukan masing-masing ujian.

Kamu wajib mengisi seluruh pilihan fakultas sesuai fakultas yang kamu inginkan. Pilihan ini akan berdampak pada kelulusan kamu dalam mengikuti ujian tryout ini. Karena hasil skor ujian kamu akan dibandingkan dengan masing-masing passing grade fakultas yang kamu pilih. So, jangan sampai salah pilih ya!

5. Perhatikan Tombol yang Digunakan Pada Saat Melakukan Ujian

  1. Tombol "Yakin & Simpan" digunakan ketika kamu sudah yakin dengan pilihan yang kamu pilih. Setelah tombol ini ditekan maka jawaban kamu akan di kunci dan kamu akan diarahakan secara otomatis ke soal selanjutnya.
  2. Tombol "Masih Ragu" digunakan ketika kamu masih ragu-ragu dan belum yakin dengan jawaban kamu. Disituasi seperti ini kamu dapat menggunakan tombol ini untuk mengunci jawaban kamu namun akan memberi kesan berwarna kuning sehingga kamu akan diingatkan bahwa jawaban ini masih ragu. Walau pun demikian, jawaban kamu telah di kunci oleh sistem dan tidak bersifat kosong.
  3. Tombol "Lewati" digunakan ketika kamu ingin melanjutkan ke soal berikutnya tanpa mengunci jawaban pada soal yang sedang di tampilkan.
  4. Tombol "Selesai Ujian" digunakan ketika kamu sudah selesai menjawab seluruh soal dan ingin menyelesaikan sesi ujian ini. Maka saat tombol ini ditekan maka kamu tidak akan dapat melakukan perubahan lagi dan seluruh jawaban akan disimpan.

Sistem ujian pada PLC Pekanbaru adalah menggunakan beberapa sesi sesuai pada informasi yang ditampilkan pada sisi sebelah kanan ujian.

Disudut atas kamu juga dapat melihat "Waktu" yang dihitung mundur. Harap untuk selalu memperhatikan waktu, karena pada saat waktu habis maka secara otomatis ujian kamu akan ditutup dan jawaban kamu akan dikunci.

6. Lanjutkan Ujian Kamu Jika Satu Sesi Telah Selesai, Hati-Hati Jangan Merasa Sudah Benar-Benar Selesai

Halaman "Daftar History Tryout" ini adalah halaman yang menampilkan histori atau ujian-ujian tryout yang sudah pernah dilakukan. Pada saat kamu telah menyelesaikan satu sesi ujian tryout maka kamu akan di arahkan ke halaman ini. Maka, kamu dapat melanjutkan untuk sesi berikut nya pada ujian yang sama hanya dengan menekan tombol "Lanjutkan" yang berwarna biru dan dengan status "Belum Selesai". Ingat, tombol tidak akan bisa diklik sebelum masuk waktu sesi berikutnya.

Kamu hanya perlu menunggu dan kemudian me "refresh" halaman ini pada saat waktu sesi ujian sudah masuk. Setelah itu kamu dapat menekan tombol "Lanjutkan" dan secara otomatis kamu akan diarahkan kehalaman ujian sesi berikut nya.

Halaman ini juga merupakan halaman yang merujuk pada Poin No "3 Pilih Salah Satu Ujian yang Ingin Diikuti" yaitu tombol hitam dengan tulisan "Lihat History Tryout".

Jadi, apabila kamu secara tidak sengaja keluar dari jendela ujian dan tidak bisa melanjutkan ujian. Jangan khawatir, kamu cukup pergi ke menu Ujian Tryout dan tekan tombol "Lihat History Tryout" dan segeralah pilih ujian yang sedang kamu kerjakan tadi, ujian ini akan terlihat dengan status belum selesai. Kemudian tekan tombol "Lanjutkan".

Maka secara otomatis kamu dapat melanjutkan ujian yang tertunda. Selama waktu kamu masih tersisa.

Sekian.

Jika ada pertanyaan lain terkait ujian tryout silahkan hubungi yang tertera pada bagian paling atas web ini. atau kamu dapat melakukan Live chat!