Mengenal jurusan kuliah yang jarang menghitung untuk kuliah IPA atau jurusan saintek menarik untuk diketahui calon mahasiswa . Berikut ini ada lima jurusan yang bisa dicoba. Bidang IPA memang identik dengan kegiatan menghitung. Sebut saja mata pelajaran Matematika, Fisika, hingga Kimia ada saja yang bagian hitung menghitungnya. Namun jika kalian sudah mulai bosan dengan angka, hitungan, ataupun rumus dan tidak ingin bertemu lagi dengan pelajaran menghitung di bangku kuliah, tak perlu lintas jurusan ke soshum. Berikut ini ada lima jurusan IPA yang tidak memerlukan hitung-hitungan yang dikutip dari laman Brain Academy

1. Biologi

Kalau kalian senang menekuni bidang IPA, tetapi tak mau sering menghitung, bisa memilih Jurusan Biologi. Seperti yang sudah diketahui, Biologi lebih banyak menghafal dibandingkan menghitung. Jurusan ini akan lebih banyak membahas tentang makhluk hidup secara mendalam. Makhluk hidup di sini tidak cuma sebatas manusia, hewan, dan tumbuhan, tetapi juga organisme lainnya, misalnya mikroba. Hal ini yang membedakan Biologi dengan Jurusan Kedokteran. Kira-kira setelah lulus kerja apa ya? Prospek karier lulusan Biologi antara lain: peneliti, dosen, konsultan, quality control, guru, dan pengusaha. Mahasiswa Biologi bisa membuka usaha di bidang akuakultur maupun budidaya hewan serta tumbuhan.

2. Psikologi

Jurusan Psikologi merupakan salah satu jurusan yang paling diminati dari ranah Soshum. Namun, siapa sangka jurusan ini sebenarnya juga bisa dimasuki oleh anak IPA. “Lah tadi katanya nggak perlu lintas jurusan?”, ada beberapa kampus yang Jurusan Psikologinya hanya bisa dimasuki oleh lulusan IPA. Seperti Universitas Padjajaran, Universitas Sebelas Maret, Universitas Sriwijaya, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Andalas. Lalu ada bedanya nggak Jurusan Psikologi Saintek dengan Soshum? Ada. Perbedaannya terletak pada penekanan ilmu yang disesuaikan dengan rumpun masing-masing. Untuk Jurusan Psikologi Saintek cakupan ilmunya mengenai kepribadian, emosi, perilaku, cara berpikir, dan mental seseorang dari segi kesehatannya. Sementara Jurusan Psikologi Soshum lebih fokus ke aplikasi gejala sosialnya. Apakah lulusan Psikologi bisa langsung membuka klinik? Syarat untuk memperoleh SIP (Surat Izin Praktek) yaitu dengan menempuh S2 Profesi selama dua tahun. Namun, peluang karier mahasiswa S1 Psikologi cukup beragam, seperti: HRD, konsultan pendidikan, dosen, penulis, guru BK, research and development, dan sebagainya.

3.Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi merupakan salah satu jurusan yang sangat menarik. Kenapa? Jurusan ini tidak hanya belajar mengenai ilmu komputer, tetapi juga ekonomi, manajemen dan bisnis. Keberadaan materi berbau ekonomi diharapkan mampu menciptakan lulusan yang tidak hanya berwawasan teknologi informasi, tetapi juga ilmu bisnis. Makanya, di jurusan ini kalian tidak akan terus-menerus berkutat pada hal yang berkaitan dengan hitungan. Banyak banget peluang kerja untuk mahasiswa lulusan Sistem Informasi. Kamu bisa berkarier sebagai data engineer, project manager, business analyst, system analyst, web developer, atau network security.

4.Teknik Lingkungan

Secara sederhana, Jurusan Teknik Lingkungan merupakan bidang keilmuan yang mempelajari tindakan kuratif (penyembuhan) dan preventif (pencegahan) untuk menyelamatkan lingkungan hidup melalui pendekatan rekayasa teknik. Makanya, jurusan ini dimasukkan ke dalam ranah Fakultas Teknik. Meski menjadi salah satu bagian Fakultas Teknik, jurusan ini termasuk jarang menghitung lho! Bila tertarik menjadi mahasiswa Teknik Lingkungan, kamu memiliki peluang untuk bekerja sebagai petugas konservasi lingkungan, konsultan lingkungan, perencana restorasi lingkungan, energy manager, atau ahli ekologi. Kamu bisa berkarier di lembaga pemerintahan, kementerian, maupun NGO.

5. Agribisnis

Pada jurusan Agribisnis, kalian akan mempelajari materi yang terkait dengan budidaya dan pengolahan hasil pertanian, manajemen usaha, pemasaran produk, serta kewirausahaan. Jurusan ini lebih cenderung menekankan pengetahuan Biologi dibandingkan Matematika, Fisika, atau Kimia. Meski begitu, kegiatan menghitung tetap kalian temui di materi yang berkaitan dengan ekonomi dan bisnis ya. Nah, masing-masing universitas memiliki kebijakan berbeda-beda untuk penempatan Jurusan Agribisnis. Namun, untuk kamu yang tertarik masuk ke jurusan ini sebagai rumpun Saintek, kamu bisa mencoba mendaftar di Universitas Padjajaran atau Universitas Brawijaya. Prospek kerjanya antara lain pegawai pemerintah, konsultan pertanian, tenaga pengajar, pengusaha, ahli bioteknologi, sampai pegawai bank.

Yuk Beli Buku Akademik dan Psikologi Akpol, untuk link shopee berikut : PLC Pekanbaru

***

Bimbel PLC Pekanbaru merupakan Bimbel Persiapan SNBT & Ujian Mandiri terbaik di Pekanbaru. Bimbel PLC menyediakan berbagai program pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa mulai dari Les Bebas, Les Kelas, Les Private, Les Akademik & Psikologi, Les Jasmani, hingga Les Persiapan selama 1 tahun.

 

Bimbel PLC Pekanbaru memanfaatkan teknologi terkini dalam proses pembelajaran, seperti penggunaan Aplikasi PLC Siswa untuk mendukung pembelajaran, simulasi tes berbasis CAT, Les Online dan TryOut Online melalui aplikasi, fitur pembahasan soal secara GRATIS, sehingga mempermudah akses siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu, tersedia juga Modul Belajar dengan UPDATE SOAL setiap tahunnya agar siswa lebih mantap lagi dalam mengasah soal-soal persiapan tes.

 

Bimbel PLC juga telah berhasil membawa banyak siswa untuk meraih prestasi dan cita-citanya, antara lain: PLC berhasil membantu 117 Siswanya LULUS Bintara Polri 2023, LULUS AKPOL 2023 sebanyak 4 orang, LULUS Kedinasan 2023 di berbagai instansi, CPNS, Siswa LULUS SNBT 2023 di berbagai Kampus Terbaik di Indonesia, dan masih banyak lagi.

 

Untuk kamu yang butuh persiapan tes secara maksimal, bimbingan belajar intensif, ayo bergabung bersama PLC Pekanbaru. Bersama PLC Pekanbaru, raih cita-citamu dari sekarang!

 

* Bimbel Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-polri/

* Bimbel TNI Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-tni/

* Bimbel Kedinasan Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-kedinasan/

* Bimbel SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sd/

* Bimbel SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-smp/

* Bimbel SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sma/

* Bimbel Persiapan Masuk Kampus Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-masuk-kampus/

* Bimbel Lainnya Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-lainnya/

* Les Private AKPOL Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/akpol/

* Les Private Bintara Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/bintara/

* Les Private SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sd/

* Les Private SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/smp/

* Les Private SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sma/

* Les Private Persiapan UTBK Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/persiapan-utbk/

* Les Private IPDN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/ipdn/

* Les Private STAN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/stan/

* Les Private CPNS Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/cpns/

* Fitur Belajar Online Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/belajar-online/

* TryOut PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/tryout-nasional/

* Konsultasi PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/konsultasi-premium/

* Tes PSIKOTES PLC Terbaik di Pekanbaru: https://psikotes.plcpekanbaru.com/dashboard/

 

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kami:

 

Website: www.plcpekanbaru.com

Instagram: https://instagram.com/plcpekanbaru?igshid=MmIzYWVlNDQ5Yg==

TikTok: www.tiktok.com/@plcpekanbaru

Youtube: https://youtube.com/@BIMBELPLCPEKANBARU

Shopee: https://shope.ee/3KxhsQJu2Z

Tokopedia: https://tokopedia.link/ZFRp9VAy7Bb

Share:

Tags: Umum