Sedikitnya ada empat fakultas hukum terbaik di Indonesia yang bisa diketahui. Sejumlah Universitas di Indonesia mayoritas memiliki fakultas ini didalamnya. Fakultas hukum merupakan salah satu fakultas yang paling diminati oleh para calon mahasiswa baru. Agar tidak asal pilih tidak ada salahnya jika melakukan survei terlebih dahulu perguruan tinggi mana yang memiliki jurusan hukum terbaik supaya nantinya tidak menyesal ketika sudah mendaftar.

Scimago Institutions Rankings (SIR) telah membuat daftar kampus yang memiliki jurusan hukum terbaik berdasar pada tiga indikator yaitu kinerja penelitian, hasil inovasi, dan dampak sosial. Peringkat ini didasarkan pada peringkat dunia. Berikut 4 Kampus dengan Jurusan Hukum Terbaik di Indonesia Versi SIR (2022) :

1. Universitas Airlangga (Unair)

Fakultas Hukum Universitas Airlangga merupakan salah satu yang tertua di Indonesia. Selain itu, Fakultas di Universitas ini merupakan yang terbaik di Indonesia dalam versi SIR tahun 2022 dengan menempati peringkat 217 di dunia. Fakultas ini memiliki tiga program studi, yaitu Program Studi Hukum, Program Studi Magister Hukum, Program Studi Kenotariatan dan Program Studi Ilmu Doktor Hukum. Sebagai upaya internasionalisasi, Program Studi Ilmu Hukum (S1) telah memperoleh sertifikasi ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) pada tahun 2016.

2.Universitas Indonesia (UI)

Sekolah hukum pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1909 oleh Pemerintah Hindia Belanda ini menempati posisi kedua dalam Fakultas Hukum terbaik di Indonesia versi SIR 2022, dan posisi ke 440 peringkat dunia. Adapun beberapa perguruan tinggi mitra Fakultas Hukum Universitas Indonesia tersebut adalah Utrecht University, University of Groningen, Erasmus University, Leiden University, National University of Singapore, dan University of Technology Sydney.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Fakultas Hukum UGM merupakan fakultas hukum pertama yang didirikan Indonesia yang telah berdaulat. Fakultas ini menempati peringkat 449 dunia dan posisi ketiga di Indonesia, menurut SIR 2022. Ini membuktikan bahwa Fakultas hukum di Universitas Gajah Mada ini memiliki kinerja penelitian, hasil inovasi, dan dampak sosial yang bagus.

4. Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya yang semula bernama Perguruan Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (PTHMP) membuktikan bahwa Fakultas Hukum di Universitas ini adalah yang tertua. Selain jadi yang tertua, Fakultas ini juga menjadi yang terbaik dibuktikan dari peringkat yang dibuat SIR tahun 2022 dimana Fakultas Hukum UB ini menempati posisi ke 472 di dunia. Seluruh program studi telah terakreditasi A dan akreditasi B untuk program Studi Doktor dan program studi Doktor kelas Jakarta. Selain itu, Program Studi Sarjana telah mendapat sertifikasi AUN QA.

Yuk Beli Buku Akademik dan Psikologi Akpol, untuk link shopee berikut : PLC Pekanbaru

Share:

Tags: Umum