Indonesia memiliki sejumlah universitas dengan jurusan Kedokteran Hewan terbaik. Bagi calon mahasiswa baru yang senang bekerja dan menolong hewan serta ingin melestarikan keberagaman satwa jurusan ini bisa menjadi pilihan melanjutkan kuliah . Mahasiswa yang akan kuliah di jurusan Kedokteran Hewan akan mempelajari struktur tubuh hewan seperti tulang-tulang atau yang disebut Anatomi Veteriner, ilmu fungsi dan sistem tubuh hewan (Fisiologi Veteriner), ilmu penyakit dalam, patologi, hingga ilmu tentang obat-obatan yang cocok untuk mengobati hewan yang sakit. Kemudian bagaimana dengan prospek kerjanya? Laman resmi Fakultas Kedokteran Hewan IPB menyebutkan ada sejumlah peluang kerja untuk lulusan Kedokteran Hewan, yakni:

  1. Praktik Dokter Hewan
  2. Peneliti, konsultan, dan pengajar di berbagai instansi pemerintah dan swasta
  3. Pegawai Negeri Sipil (PNS), misalnya di Kementerian Pertanian atau Direktorat Jenderal Peternakan
  4. Perusahaan swasta, khususnya yang bergerak di sektor produksi peternakan atau yang berkaitan dengan pengolahan hasil peternakan, serta perusahaan makanan dan minuman.
  5. Wirausaha bidang agribisnis peternakan
  6. Kepolisian dan TNI
  7. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang terkait dengan bidang keprofesian dan Pemberdayaan Masyarakat

Lalu di mana universitas yang menyediakan jurusan Kedokteran Hewan di Indonesia? Bagi calon mahasiswa baru, berikut ini dirangkum enam dari beberapa universitas dengan jurusan Kedokteran Hewan yang sudah tercatat akreditasinya di laman Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dilengkapi dengan sejumlah informasi tentang jurusan tersebut yang dikutip dari laman resmi masing-masing universitas.

1. Institut Pertanian Bogor (IPB)

University Masa studi mahasiswa sarjana Kedokteran Hewan di IPB University ialah 4 tahun. Jurusan ini menerapkan kurikulum mayor-minor yang menawarkan lebih dari 500 kombinasi kompetensi. Sehingga sarjana lulusan IPB memiliki kompentensi ganda, bahkan gelar ganda sehingga banyak lapangan pekerjaan yang dapat digeluti.  Kurikulum pendidikan kedokteran hewan terdiri atas kurikulum pendidikan akademik dan profesi. Kurikulum pendidikan akademik (sarjana) dilaksanakan dalam waktu 8 semester dengan jumlah 158 sks. Fakultasnya seluas 18,000 meter persegi dan dilengkapi dengan rumah sakit hewan terluas di Asia Tenggara. Pada saat ini setelah menyelesaikan pendidikan akademik, lulusan dianugerahi gelar Sarjana Kedokteran Hewan (SKH). Untuk memperoleh gelar Dokter Hewan (Drh), lulusan pendidikan akademik meneruskan ke pendidikan profesi yang dilakukan selama 18 bulan dengan jumlah 37 sks. Kurikulumnya berbasis kompetensi dengan menggunakan berbagai metode termasuk Student Centered Learning.

2. Universitas Airlangga ( Unair )

Fakultas Kedokteran Hewan Unair merupakan fakultas tertua keempat yang berdiri sejak 1962. Sistem pendidikan di FKH Unair terjamin di bawah naungan Airlangga Integrated Management System (AIMS) yang mengacu pada standar ISO 9001:2015, MBNQA 2015-2016, IWA2:2007. FKH juga mendapat sertifikasi ASIIN, AUN, dan KAN serta FAO untuk beberapa laboratorium. Fakultas Kedokteran Hewan Unair memiliki 1 departemen dan 7 program studi yang terdiri 1 prodi S1, 4 prodi S2, 1 prodi S3, 1 program profesi. FKH memiliki rumah sakit hewan terbesar di Indonesia untuk mendukung pembelajaran mahasiswa.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Fakulas Kedokteran Hewan UGM (FKH UGM) memiliki misi menjadi Fakultas Kedokteran Hewan terkemuka di tingkat nasional dan internasional yang mengutamakan profesionalisme dalam meningkatkan kesejahteraan melalui bidang veteriner Sekolah Tinggi Kedokteran Hewan didirikan pada 20 September 1946. Saat ini FKH UGM mengelola empat program studi, yaitu Program Studi Sarjana Kedokteran Hewan (SKH), Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Hewan (PPDH), Program Studi S2 Sain Veteriner, dan Program Studi S3 Ilmu Sain Veteriner.

4.Universitas Padjajadjaran (Unpad)

Visi program studi sarjana Kedokteran Hewan Unpad ialah menjadi program studi yang menghasilkan lulusan dengan kompetensi kesehatan masyarakat veteriner berbasis IPTEK dan Biomedis, melalui sinergitas kesehatan dan kesejahteraan hewan serta lingkungan hidup untuk kemaslahatan masyarakat. Pembelajarannya digelar berbasis kompetensi yang dilaksanakan mengarah kepada kompetensi dokter hewan yang mampu merencanakan dan melakukan:

  1. Pencegahan, pengendalian, pemberantasan dan pengobatan penyakit menular pada hewan dan penyakit zoonosa
  2. Pemeliharaan dan budidaya hewan serta peningkatan produksi dan reproduksi ternak.
  3. Pelestarian dan pemanfaatan satwa untuk kesejahteraan manusia, kelestarian lingkungan dan plasma nutfah.
  4. Jaminan mutu dan keamanan bahan pangan asal hewan serta bahan-bahan asal hewan
  5. Peningkatan mutu gizi pertumbuhan hewani, kesehatan masyarakat dan kesehatan lingkungan
  6. Pengawasan dan pengendalian mutu, pemakaian dan peredaran obat hewan dan bahan-bahan biologis.

5. Universitas Udayana (Unud)

Fakultas Kedokteran Hewan di Universitas Udayana telah dirintis sejak 1962 dalam wujud Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKHP). Sejak 1962 sampai 1978, Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan Universitas Udayana baru mampu membina bidang Ilmu Peternakan saja. Pada tahun 1978 terbentuk Jurusan Kedokteran Hewan di Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan Universitas Udayana. Proses pendidikannya melalui jenjang pendidikan akademik dengan masa studi delapan semester (beban SKS total 152 dengan gelar kelulusan S.KH) dan jenjang pendidikan profesi (ko-asistensi) selama 12 hingga 15 bulan (beban SKS 31 dengan gelar kelulusan drh). Kedua jenjang pendidikan tersebut merupakan rangkaian yang tidak dapat dipisahkan, karena hasil akhir atau output pendidikannya adalah dokter hewan.

6.Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS)

Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya memiliki visi menjadi institusi yang menghasilkan lulusan di bidang kedokteran hewan yang memiliki sikap profesional, dan unggul di bidang pengembangan IPTEK. Selain itu juga memiliki visi berjiwa entrepreneur, mengembangkan studi hewan eksotik, dan memiliki daya saing di tingkat nasional maupun internasional dengan semangat mengabdi kepada kepentingan bangsa yang dijiwai nilai kemanusiaan dan wawasan lingkungan.

Yuk Beli Buku Akademik dan Psikologi Akpol, untuk link shopee berikut : PLC Pekanbaru

***

Bimbel PLC Pekanbaru merupakan Bimbel Persiapan SNBT & Ujian Mandiri terbaik di Pekanbaru. Bimbel PLC menyediakan berbagai program pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa mulai dari Les Bebas, Les Kelas, Les Private, Les Akademik & Psikologi, Les Jasmani, hingga Les Persiapan selama 1 tahun.

 

Bimbel PLC Pekanbaru memanfaatkan teknologi terkini dalam proses pembelajaran, seperti penggunaan Aplikasi PLC Siswa untuk mendukung pembelajaran, simulasi tes berbasis CAT, Les Online dan TryOut Online melalui aplikasi, fitur pembahasan soal secara GRATIS, sehingga mempermudah akses siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu, tersedia juga Modul Belajar dengan UPDATE SOAL setiap tahunnya agar siswa lebih mantap lagi dalam mengasah soal-soal persiapan tes.

 

Bimbel PLC juga telah berhasil membawa banyak siswa untuk meraih prestasi dan cita-citanya, antara lain: PLC berhasil membantu 117 Siswanya LULUS Bintara Polri 2023, LULUS AKPOL 2023 sebanyak 4 orang, LULUS Kedinasan 2023 di berbagai instansi, CPNS, Siswa LULUS SNBT 2023 di berbagai Kampus Terbaik di Indonesia, dan masih banyak lagi.

 

Untuk kamu yang butuh persiapan tes secara maksimal, bimbingan belajar intensif, ayo bergabung bersama PLC Pekanbaru. Bersama PLC Pekanbaru, raih cita-citamu dari sekarang!

 

* Bimbel Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-polri/

* Bimbel TNI Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-tni/

* Bimbel Kedinasan Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-kedinasan/

* Bimbel SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sd/

* Bimbel SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-smp/

* Bimbel SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sma/

* Bimbel Persiapan Masuk Kampus Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-masuk-kampus/

* Bimbel Lainnya Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-lainnya/

* Les Private AKPOL Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/akpol/

* Les Private Bintara Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/bintara/

* Les Private SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sd/

* Les Private SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/smp/

* Les Private SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sma/

* Les Private Persiapan UTBK Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/persiapan-utbk/

* Les Private IPDN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/ipdn/

* Les Private STAN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/stan/

* Les Private CPNS Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/cpns/

* Fitur Belajar Online Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/belajar-online/

* TryOut PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/tryout-nasional/

* Konsultasi PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/konsultasi-premium/

* Tes PSIKOTES PLC Terbaik di Pekanbaru: https://psikotes.plcpekanbaru.com/dashboard/

 

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kami:

 

Website: www.plcpekanbaru.com

Instagram: https://instagram.com/plcpekanbaru?igshid=MmIzYWVlNDQ5Yg==

TikTok: www.tiktok.com/@plcpekanbaru

Youtube: https://youtube.com/@BIMBELPLCPEKANBARU

Shopee: https://shope.ee/3KxhsQJu2Z

Tokopedia: https://tokopedia.link/ZFRp9VAy7Bb

Share:

Tags: Umum