Universitas negeri dengan jurusan ilmu politik terbaik di Indonesia bisa menjadi rekomendasi bagi calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke jalur mandiri di perguruan tinggi negeri (PTN). Jurusan ilmu politik termasuk jurusan populer karena prospek kerjanya juga menjanjikan. Jurusan atau program studi (prodi) Ilmu Politik merupakan cabang ilmu sosial yang membahas banyak mengenai teori dan praktik politik serta deskripsi dan analisis sistem politik dan perilaku politik. Laman Universitas Airlangga (Unair) menyebutkan, ilmu ini berorientasi terhadap akademis, teori, dan riset. Prospek kerja lulusan Ilmu Politik juga cukup banyak. Berikut ini prospek kerja lulusan Ilmu Politik:

  1. Aparat Pemerintah/Pengurus Pemerintah Pusat atau Daerah
  2. Aktivis LSM/Organisasi Masyarakat
  3. Anggota Partai Politik
  4. Peneliti/Pengamat Politik
  5. Jurnalis Politik
  6. Tenaga Pengajar/Dosen
  7. Hubungan Masyarakat.

Sementara itu, bagi kalian yang ingin masuk ke jurusan Ilmu Politik di perguruan tinggi negeri (PTN) berikut ini PTN terbaik yang memiliki kualitas pendidikan internasional yang bisa dipilih, yang dikutip dari laman Universitas123.

1.Universitas Indonesia (UI)

Perguruan tinggi negeri pertama yang bisa kamu pilih adalah Universitas Indonesia. Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri terkenal di Indonesia, UI membuat banyak pelajar tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi di kampus ini. Proses seleksi di Universitas Indonesia sangat ketat, karena kuota pendaftaran selalu melebihi batas. Saat ini Universitas Indonesia menyediakan 291 program studi, salah satunya adalah ilmu politik. Masuk program studi ilmu politik kamu akan bergabung dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Fakultas ini didirikan sejak tahun 1968 dan mengalami peningkatan sangat pesat. Tersedia program S1, S2, dan S3 untuk jurusan Ilmu Politik. Pada program S1 dan S2 jurusan tersebut telah mendapatkan akreditasi A.

2. Universitas Airlangga (Unair)

Universitas Airlangga adalah perguruan tinggi negeri dengan akreditasi A. Kampus ini juga termasuk salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. Ada banyak program studi yang ditawarkan di Universitas Airlangga, salah satunya adalah Ilmu Politik. Jurusan Ilmu Politik akan masuk pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Jurusan tersebut menyediakan program S1, S2, dan S3. Apabila kamu merasa tertarik untuk mengambil jurusan ilmu politik, program S1 di kampus ini telah mendapatkan akreditasi A.

3.Universitas Padjadjaran (Unpad)

Universitas Padjadjaran atau Unpad adalah perguruan tinggi negeri yang menyediakan program studi Ilmu Politik. Jika kamu ingin mendapatkan kualitas pendidikan terbaik dari perguruan tinggi negeri, kamu bisa mendaftar di Universitas Padjadjaran. Jurusan Ilmu Politik tersedia di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Ada program D4, S1, S2 dan S3. Namun untuk jurusan ilmu politik hanya tersedia di S1 dan S2. Dalam 2 program tersebut jurusan ini telah mendapatkan akreditasi A.

4.Universitas Gadjah Mada (UGM)

Perguruan tinggi negeri selanjutnya yang dapat dijadikan tujuan untuk mendapatkan pendidikan berkualitas di jurusan Ilmu Politik adalah Universitas Gadjah Mada. Kamu akan bergabung dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik jika mengambil jurusan Ilmu Politik di kampus ini. Jurusan Ilmu Politik di kampus ini tersedia untuk S1, S2 dan S3. Jurusan tersebut telah mendapatkan akreditasi A untuk semua program.

5. Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya Malang bisa dijadikan salah satu referensi kampus untuk jurusan Ilmu Politik. Perguruan tinggi negeri ini banyak diminati oleh pelajar di daerah Jawa Timur. Kamu bisa mendapatkan jurusan ilmu politik untuk program S1. Akreditasi jurusan Ilmu Politik untuk program tersebut telah mendapatkan nilai A.

Yuk Beli Buku Akademik dan Psikologi Akpol, untuk link shopee berikut : PLC Pekanbaru

***

Bimbel PLC Pekanbaru merupakan Bimbel Persiapan SNBT & Ujian Mandiri terbaik di Pekanbaru. Bimbel PLC menyediakan berbagai program pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa mulai dari Les Bebas, Les Kelas, Les Private, Les Akademik & Psikologi, Les Jasmani, hingga Les Persiapan selama 1 tahun.

 

Bimbel PLC Pekanbaru memanfaatkan teknologi terkini dalam proses pembelajaran, seperti penggunaan Aplikasi PLC Siswa untuk mendukung pembelajaran, simulasi tes berbasis CAT, Les Online dan TryOut Online melalui aplikasi, fitur pembahasan soal secara GRATIS, sehingga mempermudah akses siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu, tersedia juga Modul Belajar dengan UPDATE SOAL setiap tahunnya agar siswa lebih mantap lagi dalam mengasah soal-soal persiapan tes.

 

Bimbel PLC juga telah berhasil membawa banyak siswa untuk meraih prestasi dan cita-citanya, antara lain: PLC berhasil membantu 117 Siswanya LULUS Bintara Polri 2023, LULUS AKPOL 2023 sebanyak 4 orang, LULUS Kedinasan 2023 di berbagai instansi, CPNS, Siswa LULUS SNBT 2023 di berbagai Kampus Terbaik di Indonesia, dan masih banyak lagi.

 

Untuk kamu yang butuh persiapan tes secara maksimal, bimbingan belajar intensif, ayo bergabung bersama PLC Pekanbaru. Bersama PLC Pekanbaru, raih cita-citamu dari sekarang!

 

* Bimbel Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-polri/

* Bimbel TNI Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-tni/

* Bimbel Kedinasan Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-kedinasan/

* Bimbel SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sd/

* Bimbel SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-smp/

* Bimbel SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sma/

* Bimbel Persiapan Masuk Kampus Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-masuk-kampus/

* Bimbel Lainnya Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-lainnya/

* Les Private AKPOL Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/akpol/

* Les Private Bintara Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/bintara/

* Les Private SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sd/

* Les Private SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/smp/

* Les Private SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sma/

* Les Private Persiapan UTBK Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/persiapan-utbk/

* Les Private IPDN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/ipdn/

* Les Private STAN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/stan/

* Les Private CPNS Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/cpns/

* Fitur Belajar Online Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/belajar-online/

* TryOut PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/tryout-nasional/

* Konsultasi PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/konsultasi-premium/

* Tes PSIKOTES PLC Terbaik di Pekanbaru: https://psikotes.plcpekanbaru.com/dashboard/

 

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kami:

 

Website: www.plcpekanbaru.com

Instagram: https://instagram.com/plcpekanbaru?igshid=MmIzYWVlNDQ5Yg==

TikTok: www.tiktok.com/@plcpekanbaru

Youtube: https://youtube.com/@BIMBELPLCPEKANBARU

Shopee: https://shope.ee/3KxhsQJu2Z

Tokopedia: https://tokopedia.link/ZFRp9VAy7Bb

Share:

Tags: Umum