Calon mahasiswa yang ingin masuk ke Universitas Padjadjaran ( Unpad ) tapi gagal di SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2022 jangan berkecil hati. Masih ada 2 jalur yang bisa kalian coba setelah gagal di 2 jalur tes masuk sebelumnya. Kedua jalur tersebut ialah jalur prestasi dan jalur internasional (International Undergarduate Program/IUP). Pendaftaran SMUP Sarjana Jalur Prestasi dibuka hingga 30 Juni 2022, sedangkan SMUP Jalur Internasional gelombang II dibuka hingga 17 Juni 2022. Ketua Panitia SMUP Unpad, Anas menjelaskan, SMUP Sarjana Jalur Prestasi terbuka bagi lulusan SMA/MA/SMK dengan tahun kelulusan 2022 yang memiliki prestasi di bidang sains, olahraga, seni, maupun keagamaan.

Ada sejumlah kriteria yang ditetapkan oleh Unpad

Kriteria Pertama

Peserta minimal meraih juara III pada kompetisi yang diselenggarakan Kemendikbudristek, baik di bidang olahraga, seni, budaya, sains, maupun kompetisi lainnya. Beberapa di antaranya, seperti olimpiade sains tingkat provinsi, nasional, dan internasional, festival/lomba seni siswa tingkat provinsi dan nasional, olimpiade penelitian siswa, Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI), Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI), National Schools Debating Championship (NSDC), dan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional.

Kriteria Kedua

Peserta minimal meraih juara I di bidang seni dan olahraga yang diselenggarakan tingkat provinsi dan/atau minimal juara III dalam kejuaraan tingkat nasional maupun internasional. Kegiatan yang diikuti merupakan kegiatan resmi yang diselenggarakan pemerintah daerah, pemerintah pusat, ataupun lembaga resmi dan bereputasi.

Kriteria Ketiga

Jalur Prestasi juga terbuka bagi penghafal kitab suci maupun prestasi keagamaan lainnya. Harus ikut UTBK-SBMPTN 2022 Penilaian jalur prestasi menggunakan data prestasi akademik serta data prestasi yang dilampirkan. Untuk prestasi akademik menggunakan basis UTBK-SBMPTN dan nilai rapor dari semester 1 – 5. Karena itu, calon peserta SMUP Sarjana Jalur Prestasi wajib telah mengikuti UTBK-SBMPTN 2022. “Jika memiliki prestasi dengan kriteria itu, silakan segera mendaftar,” kata Anas seperti dilansir dari laman resmi Unpad, Senin (6/6/2022). Menurut Anas, pembukaan SMUP Sarjana Jalur Prestasi bertujuan untuk melakukan orientasi terkait minat dan bakat mahasiswa. Mahasiswa yang diterima di jalur prestasi akan terus dilakukan pembinaan sesuai dengan prestasi dan minat yang digeluti. “Pembinaan ini diharapkan bisa mengangkat nama Unpad di level nasional maupun internasionalnya. Kami dukung kegiatan prestasi mereka maupun kegiatan akademiknya,” kata Anas. Nantinya, lanjut dia, mahasiswa yang berhasil diterima wajib untuk membuat surat pernyataan kesanggupan untuk aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) maupun kegiatan kemahasiswaan lainnya. Informasi persyaratan dan pendaftaran SMUP Jalur Prestasi dapat dilihat di laman SMUP Unpad.

Ketentuan SMUP Jalur Internasional

SMUP Jalur Internasional merupakan program bagi mahasiswa Indonesia maupun asing dengan kurikulum pembelajaran yang sesuai standar internasional. Perkuliahan pada program ini menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris. Pada tahun ini, Unpad membuka 6 program studi Sarjana untuk SMUP Jalur Internasional. 6 prodi tersebut, yaitu Akuntansi, Manajemen, Ilmu Ekonomi, Kedokteran Gigi, Ilmu Kelautan, dan Farmasi. Enam prodi tersebut telah memiliki kerja sama dengan perguruan tinggi internasional. Selain itu, kurikulum pembelajaran juga telah disesuaikan dengan kurikulum di perguruan tinggi mitra.“Nanti program di IUP ada beberapa waktu di mana mahasiswa akan belajar di luar negeri,” kata Anas. Metode seleksi utama pada SMUP Sarjana Jalur Internasional menekankan pada nilai rapor dan kemampuan bahasa Inggris. Kemampuan tersebut dibuktikan dengan sertifikat TOEFL yang dikeluarkan lembaga resmi penyelenggara tes kemampuan bahasa Inggris. Selain itu, seleksi juga menggunakan hasil tes potensi akademik (TPA) dan nilai rapor.

Yuk Beli Buku Akademik dan Psikologi Akpol, untuk link shopee berikut : PLC Pekanbaru

***

Bimbel PLC Pekanbaru merupakan Bimbel Persiapan SNBT & Ujian Mandiri terbaik di Pekanbaru. Bimbel PLC menyediakan berbagai program pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa mulai dari Les Bebas, Les Kelas, Les Private, Les Akademik & Psikologi, Les Jasmani, hingga Les Persiapan selama 1 tahun.

 

Bimbel PLC Pekanbaru memanfaatkan teknologi terkini dalam proses pembelajaran, seperti penggunaan Aplikasi PLC Siswa untuk mendukung pembelajaran, simulasi tes berbasis CAT, Les Online dan TryOut Online melalui aplikasi, fitur pembahasan soal secara GRATIS, sehingga mempermudah akses siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu, tersedia juga Modul Belajar dengan UPDATE SOAL setiap tahunnya agar siswa lebih mantap lagi dalam mengasah soal-soal persiapan tes.

 

Bimbel PLC juga telah berhasil membawa banyak siswa untuk meraih prestasi dan cita-citanya, antara lain: PLC berhasil membantu 117 Siswanya LULUS Bintara Polri 2023, LULUS AKPOL 2023 sebanyak 4 orang, LULUS Kedinasan 2023 di berbagai instansi, CPNS, Siswa LULUS SNBT 2023 di berbagai Kampus Terbaik di Indonesia, dan masih banyak lagi.

 

Untuk kamu yang butuh persiapan tes secara maksimal, bimbingan belajar intensif, ayo bergabung bersama PLC Pekanbaru. Bersama PLC Pekanbaru, raih cita-citamu dari sekarang!

 

* Bimbel Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-polri/

* Bimbel TNI Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-tni/

* Bimbel Kedinasan Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-kedinasan/

* Bimbel SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sd/

* Bimbel SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-smp/

* Bimbel SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sma/

* Bimbel Persiapan Masuk Kampus Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-masuk-kampus/

* Bimbel Lainnya Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-lainnya/

* Les Private AKPOL Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/akpol/

* Les Private Bintara Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/bintara/

* Les Private SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sd/

* Les Private SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/smp/

* Les Private SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sma/

* Les Private Persiapan UTBK Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/persiapan-utbk/

* Les Private IPDN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/ipdn/

* Les Private STAN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/stan/

* Les Private CPNS Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/cpns/

* Fitur Belajar Online Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/belajar-online/

* TryOut PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/tryout-nasional/

* Konsultasi PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/konsultasi-premium/

* Tes PSIKOTES PLC Terbaik di Pekanbaru: https://psikotes.plcpekanbaru.com/dashboard/

 

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kami:

 

Website: www.plcpekanbaru.com

Instagram: https://instagram.com/plcpekanbaru?igshid=MmIzYWVlNDQ5Yg==

TikTok: www.tiktok.com/@plcpekanbaru

Youtube: https://youtube.com/@BIMBELPLCPEKANBARU

Shopee: https://shope.ee/3KxhsQJu2Z

Tokopedia: https://tokopedia.link/ZFRp9VAy7Bb

Share:

Tags: Umum