Kampus dengan fakultas kedokteran gigi terbaik di Indonesia bisa menjadi referensi calon mahasiswa baru untuk mendaftar kuliah. Sejumlah kampus pun telah meraih akreditasi A sehingga mutu dan kualitasnya pun tak diragukan lagi. Program studi Kedokteran Gigi tidak kalah pamornya dengan Pendidikan Dokter yang ramai diincar di jalur penerimaan mahasiswa seperti SNMPTN, SBMPTN, ataupun jalur mandiri baik di PTN dan PTS. Hal ini karena lulusan kedokteran gigi memang masih banyak dibutuhkan di Indonesia. Mahasiswa kedokteran gigi akan mempelajari tentang kesehatan oral manusia, mulai dari daerah gigi dan mulut, hingga cara menangani dan mengobati berbagai permasalahan di area tersebut. Tak hanya tentang kesehatan gigi, mereka juga akan mempelajari estetika gigi dan mulut. Selain akan mempelajari tentang ilmu kedokteran gigi dasar, ilmu kesehatan gigi mulut, periodonsia, biomedik, karies gigi, hingga penyakit jaringan, mahasiswa kedokteran gigi akan banyak menjalani kegiatan praktik. Bagi kalian yang ingin mendaftar ke fakultas kedokteran gigi, berikut ini lima perguruan tinggi dengan program studi kedokteran gigi di Indonesia jenjang sarjana yang telah meraih akreditasi A yang datanya dirangkum dari laman resmi Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT).

1. Universitas Indonesia (UI)

Dikutip dari laman FKG UI, program pendidikan dokter gigi FKG UI secara resmi dimulai 1960 berdasarkan SK Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan RI No.108049, tertanggal 21 Desember 1960. Walaupun dibagi menjadi dua tahapan program, yaitu program akademik dengan gelar lulusan Sarjana Kedokteran Gigi (SKG) dan program profesi dengan gelar lulusan dokter gigi (drg), program pendidikan dokter gigi merupakan program terminal, sehingga diharapkan semua lulusannya mencapai gelar dokter gigi (drg). Dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, tidak mungkin semua materi dapat diajarkan, sehingga strategi pembelajaran dengan kuliah mimbar (teacher centered) yang selama ini dilaksanakan di FKG UI dirasakan tidak lagi memadai. Oleh karena itu, sejak tahun 2003 pendidikan akademik diselenggarakan dengan cara pembelajaran aktif menggunakan strategi Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) atau Problem Based Learning (PBL), yang lebih menekankan pembelajaran terpusat pada mahasiswa (Student Centered Learning).

2. Universitas Airlangga (Unair)

Sejarah Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga diprakarsai oleh Dr.Lonkhuizen yang menjabat sebagai Kepala Departemen Kesehatan Masyarakat yang ingin membuka sekolah pendidikan dokter gigi di Surabaya pada 1928. Laman FKG Unair menyebutkan, Pendidikan Kedokteran Gigi diberi nama School Tot Opleiding Van Indische Tandartsen (STOVIT 1928 – 1942) khusus untuk dokter gigi lokal di Indonesia pada masa pendudukan oleh Pemerintah Hindia Belanda. Sekolah yang dimulai pada 28 September 1928 pada tahun ajaran pertama menerima 21 siswa dengan masa pendidikan lima tahun, termasuk latihan klinis 3 tahun. Kini Fakultas Kedokteran Gigi Unair memiliki 10 program studi, 155 dosen, 15 profesor dan 5.467 alumni.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Berdirinya Fakultas Kedokteran Gigi UGM diawali sejak didirikannya Perguruan Tinggi Kedokteran Gigi di Rumah Sakit Tegalyoso, Klaten (1948). Pada tahun ini juga, tepatnya tanggal 5 Maret 1948 diresmikan penggabungan dengan Perguruan Tinggi Kedokteran yang telah ada sejak tahun 1946 di Klaten. Gabungan dua perguruan tinggi ini diberi nama Perguruan Tinggi Kedokteran dan Kedokteran Gigi bertempat di Rumah Sakit Tegalyoso, Klaten. Laman FKG UGM menyebutkan, Fakultas Kedokteran Gigi UGM membuka beberapa program studi yakni, program sarjana dan profesi program studi pendidikan gigi, program sarjana higiene gigi, S2, S3 dan program pendidikan dokter gigi spesialis.

4. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Pendirian Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran didasari oleh pemikiran bahwa Dokter Gigi di Indonesia pada tahun 1956-1957, relatif masih sedikit dan pendidikan dokter gigi ketika itu bergabung dengan fakultas kedokteran. Itu pun baru ada di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Universitas Airlangga Surabaya. Dikutip dari laman FKG Unpad, kondisi itu mendorong Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), di antaranya Prof. Drg. Soeria Soemantri, MPH dan Prof. Dr. RM Soelarko untuk mendirikan fakultas-fakultas kedokteran gigi baru sesuai cita-cita PDGI.

5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Dikutip dari laman resminya, FKG UMY didirikan pada tahun 2004, Program Studi Kedokteran Gigi terus eksis dan berkembang semakin maju hingga kini telah mendapatkan Akreditasi A dari Lembaga Akreditasi Mandiri untuk Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Lama masa studi yang harus ditempuh oleh mahasiswa Kedokteran Gigi adalah 11 semester dan terbagi dalam pendidikan sarjana Kedokteran Gigi selama 8 semester dan pendidikan profesi 3 semester.

Yuk Beli Buku Akademik dan Psikologi Akpol, untuk link shopee berikut : PLC Pekanbaru

***

Bimbel PLC Pekanbaru merupakan Bimbel Persiapan SNBT & Ujian Mandiri terbaik di Pekanbaru. Bimbel PLC menyediakan berbagai program pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa mulai dari Les Bebas, Les Kelas, Les Private, Les Akademik & Psikologi, Les Jasmani, hingga Les Persiapan selama 1 tahun.

 

Bimbel PLC Pekanbaru memanfaatkan teknologi terkini dalam proses pembelajaran, seperti penggunaan Aplikasi PLC Siswa untuk mendukung pembelajaran, simulasi tes berbasis CAT, Les Online dan TryOut Online melalui aplikasi, fitur pembahasan soal secara GRATIS, sehingga mempermudah akses siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu, tersedia juga Modul Belajar dengan UPDATE SOAL setiap tahunnya agar siswa lebih mantap lagi dalam mengasah soal-soal persiapan tes.

 

Bimbel PLC juga telah berhasil membawa banyak siswa untuk meraih prestasi dan cita-citanya, antara lain: PLC berhasil membantu 117 Siswanya LULUS Bintara Polri 2023, LULUS AKPOL 2023 sebanyak 4 orang, LULUS Kedinasan 2023 di berbagai instansi, CPNS, Siswa LULUS SNBT 2023 di berbagai Kampus Terbaik di Indonesia, dan masih banyak lagi.

 

Untuk kamu yang butuh persiapan tes secara maksimal, bimbingan belajar intensif, ayo bergabung bersama PLC Pekanbaru. Bersama PLC Pekanbaru, raih cita-citamu dari sekarang!

 

* Bimbel Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-polri/

* Bimbel TNI Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-tni/

* Bimbel Kedinasan Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-kedinasan/

* Bimbel SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sd/

* Bimbel SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-smp/

* Bimbel SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sma/

* Bimbel Persiapan Masuk Kampus Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-masuk-kampus/

* Bimbel Lainnya Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-lainnya/

* Les Private AKPOL Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/akpol/

* Les Private Bintara Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/bintara/

* Les Private SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sd/

* Les Private SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/smp/

* Les Private SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sma/

* Les Private Persiapan UTBK Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/persiapan-utbk/

* Les Private IPDN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/ipdn/

* Les Private STAN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/stan/

* Les Private CPNS Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/cpns/

* Fitur Belajar Online Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/belajar-online/

* TryOut PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/tryout-nasional/

* Konsultasi PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/konsultasi-premium/

* Tes PSIKOTES PLC Terbaik di Pekanbaru: https://psikotes.plcpekanbaru.com/dashboard/

 

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kami:

 

Website: www.plcpekanbaru.com

Instagram: https://instagram.com/plcpekanbaru?igshid=MmIzYWVlNDQ5Yg==

TikTok: www.tiktok.com/@plcpekanbaru

Youtube: https://youtube.com/@BIMBELPLCPEKANBARU

Shopee: https://shope.ee/3KxhsQJu2Z

Tokopedia: https://tokopedia.link/ZFRp9VAy7Bb

Share:

Tags: Umum