Sebanyak 25 perguruan tinggi negeri (PTN) membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui Seleksi Masuk Perguruan Tinggi jalur mandiri secara bersama yang dinamakan SMM PTN-Barat (SMM PTN-Barat). Pendaftaran dimulai sejak tanggal 1 April sampai 27 Juni 2022, pukul 16.00 WIB.

SMM PTN–Barat 2022 merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antarperguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS–PTN Indonesia Wilayah Barat. Penyelenggaraan seleksinya berdasar hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN–Barat.

Pendaftaran SMM PTN–Barat 2022 dilakukan secara online. Pengisian formulir pendaftaran ujian tulis dan portofolio dilakukan melalui website https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ dengan cara memasukan seluruh data yang diperlukan secara benar.

Berikut adalah persyaratan dan tata cara pendaftaran SMM PTN-Barat 2022.

Pensyaratan Pendaftar SMM PTN–Barat 2022

  1. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C, harus memiliki ijazah.
  2. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2022, telah memiliki Surat Keterangan Lulus yang memuat sekurang–kurangnya informasi jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta dibubuhi cap yang sah.
  3. Peserta seleksi dalam kondisi kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran pada program studinya.
  4. Ijazah adalah 3 tahun terakhir 2020, 2021, dan 2022 kecuali untuk beberapa universitas: (UMRAH, UNJA, UTU dan Unimal tahun ijazah 5 tahun terakhir (2018, 2019, 2020, 2021, dan 2022));(ISBI Aceh menerima tahun ijazah 10 tahun terakhir yaitu mulai ijazah dari tahun 2013 sampai dengan 2022 dan Paket C maksimal umur 35 tahun; dan);(UPR 3 tahun terakhir (2020, 2021, dan 2022) untuk Fakultas Kedokteran dan 5 tahun terakhir (2018, 2019, 2020, 2021, dan 2022) untuk fakultas lainnya dan paket C maksimal umur 25 tahun.)

Penerimaan SMM PTN–Barat 2022

Peserta seleksi lulus pendidikan menengah, lulus SMM PTN–Barat 2022, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh masing–masing PTN penerima, termasuk besaran nilai UKT dan Iuran Pengembangan Institusi (ITI) atau Biaya Pengembangan Institusi (BPI) yang besarnya dapat dilihat pada website perguruan tinggi masing–masing.

Prosedur Pendaftaran SMM PTN–Barat 2022

  1. Pendaftaran SMM PTN–BARAT 2022 dilakukan secara online.
  2. Pengisian borang (formulir) pendaftaran ujian tulis dan portofolio dilakukan melalui website https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ dengan cara memasukan seluruh data yang diperlukan secara benar.
  3. Pendaftaran dimulai sejak tanggal 1 April s.d 27 Juni 2022, pukul 16.00 WIB,kemudian bagi para peserta ujian SMM PTN–Barat 2022 yang telah melakukan pembayaran biaya pendaftaran paling lambat pada tanggal 27 Juni 2022, pukul 16.00 WIB namun belum menuntaskan pengisian formulir pendaftaran secara online, diberi kesempatan untuk menyelesaikannya dan melakukan simpan permanen paling lambat tanggal 28 Juni 2022, pukul 14.00 WIB dan batas akhir cetak kartu peserta pada tanggal 28 Juni 2022, pukul 14.00 WIB.
  4. Pada saat melakukan pendaftaran secara online, bagi peserta yang mengikuti SBMPTN 2022, diminta memasukkan nomor tes SBMPTN 2022 pada kolom yang disediakan.

Kelompok Ujian SMM PTN–Barat 2022

  1. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)
  2. Ujian dilaksanakan dalam bentuk Ujian Tulis Berbasis Komputer. Adapun jenis ujian pada pelaksanaan SMM PTN–BARAT 2022 dibagi menjadi dua sebagai berikut: Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris,dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi). Dan Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).

Jumlah dan Pilihan

Peserta dapat memilih sebanyak–banyaknya dua pilihan program studi pada satu PTN atau lebih. PTN pilihan pertama tidak harus menjadi lokasi mengikuti ujian tulis. Pada masa pandemi Covid–19 seperti sekarang ini, lokasi ujian dipilih pada lokasi terdekat tempat domisili peserta saat ini.Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan

Biaya Registrasi dan Seleksi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)

  • Biaya registrasi dan seleksi sebesar Rp 350.000
  • Biaya registrasi dan seleksi dapat dibayarkan pada waktu yang ditetapkan melalui Bank mitra yang telah ditetapkan.
  • Biaya registrasi dan seleksi yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Tempat dan Lokasi Ujian SMM PTN–Barat 2022

  • Tempat ujian peserta SMM PTN–Barat 2022 adalah di PTN terdekat dari tempat domisili peserta saat ini. Protokol pencegahan penyebaran Covid 19 harus diikuti. Kesehatan dan keselamatan peserta dan panitia menjadi prioritas.
  • Lokasi ruang ujian tulis diatur dan ditetapkan oleh panitia pada masing–masing PTN peserta program seleksi SMM PTN–Barat 2022

Pengumuman Hasil Seleksi SMM PTN–Barat 2022

Hasil seleksi SMM PTN–Barat 2022 akan diumumkan pada tanggal 18 Juli 2022 mulai pukul 16.00 WIB dan dapat diakses melalui laman: Laman utama:

http://pengumuman.smmptnbarat.id Laman mirror sebagai berikut:

Sekretariat SMM PTN–Barat 2022

Informasi resmi mengenai SMM PTN–Barat 2022 dapat diakses melalui:

  • Website SMM PTN–Barat 2021: http://www.smmptnbarat.id
  • Website perguruan tinggi masing–masing.
  • Sekretariat panitia SMM PTN–Barat 2022 pada masing–masing perguruan tinggi.

Yuk Beli Buku Akademik dan Psikologi Akpol, untuk link shopee berikut : PLC Pekanbaru

***

Bimbel PLC Pekanbaru merupakan Bimbel Persiapan SNBT & Ujian Mandiri terbaik di Pekanbaru. Bimbel PLC menyediakan berbagai program pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa mulai dari Les Bebas, Les Kelas, Les Private, Les Akademik & Psikologi, Les Jasmani, hingga Les Persiapan selama 1 tahun.

 

Bimbel PLC Pekanbaru memanfaatkan teknologi terkini dalam proses pembelajaran, seperti penggunaan Aplikasi PLC Siswa untuk mendukung pembelajaran, simulasi tes berbasis CAT, Les Online dan TryOut Online melalui aplikasi, fitur pembahasan soal secara GRATIS, sehingga mempermudah akses siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu, tersedia juga Modul Belajar dengan UPDATE SOAL setiap tahunnya agar siswa lebih mantap lagi dalam mengasah soal-soal persiapan tes.

 

Bimbel PLC juga telah berhasil membawa banyak siswa untuk meraih prestasi dan cita-citanya, antara lain: PLC berhasil membantu 117 Siswanya LULUS Bintara Polri 2023, LULUS AKPOL 2023 sebanyak 4 orang, LULUS Kedinasan 2023 di berbagai instansi, CPNS, Siswa LULUS SNBT 2023 di berbagai Kampus Terbaik di Indonesia, dan masih banyak lagi.

 

Untuk kamu yang butuh persiapan tes secara maksimal, bimbingan belajar intensif, ayo bergabung bersama PLC Pekanbaru. Bersama PLC Pekanbaru, raih cita-citamu dari sekarang!

 

* Bimbel Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-polri/

* Bimbel TNI Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-tni/

* Bimbel Kedinasan Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-kedinasan/

* Bimbel SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sd/

* Bimbel SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-smp/

* Bimbel SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sma/

* Bimbel Persiapan Masuk Kampus Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-masuk-kampus/

* Bimbel Lainnya Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-lainnya/

* Les Private AKPOL Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/akpol/

* Les Private Bintara Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/bintara/

* Les Private SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sd/

* Les Private SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/smp/

* Les Private SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sma/

* Les Private Persiapan UTBK Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/persiapan-utbk/

* Les Private IPDN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/ipdn/

* Les Private STAN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/stan/

* Les Private CPNS Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/cpns/

* Fitur Belajar Online Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/belajar-online/

* TryOut PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/tryout-nasional/

* Konsultasi PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/konsultasi-premium/

* Tes PSIKOTES PLC Terbaik di Pekanbaru: https://psikotes.plcpekanbaru.com/dashboard/

 

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kami:

 

Website: www.plcpekanbaru.com

Instagram: https://instagram.com/plcpekanbaru?igshid=MmIzYWVlNDQ5Yg==

TikTok: www.tiktok.com/@plcpekanbaru

Youtube: https://youtube.com/@BIMBELPLCPEKANBARU

Shopee: https://shope.ee/3KxhsQJu2Z

Tokopedia: https://tokopedia.link/ZFRp9VAy7Bb

Share: