Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas sebelumnya menargetkan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dibuka pada Juli 2024.  "Awal Juli sudah ada pengumuman mengenai waktu dan lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), tahapan tes pertama dalam seleksi CASN," kata Anas, dilansir dari Kompas.com (5/6/2024).

Ia menyampaikan, pendaftaran CPNS 2024 akan dilakukan setelah instansi menerima Surat Keputusan Menteri PANRB mengenai penetapan kebutuhan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN).  Selanjutnya, instansi pemerintah akan berkoordinasi dengan BKN untuk mengumumkan lowongan formasi dan seleksi CPNS 2024. 

Sebagai informasi, pemerintah mengumumkan akan membuka lowongan 1.289.824 calon aparatur sipil negara (CASN) yang terdiri atas CPNS dan PPPK.  Sebanyak 427.650 formasi akan dialokasikan untuk mengisi kebutuhan di instansi pusat dan 862.174 mengisi formasi di informasi daerah. 

Pemerintah juga bakal membuka rekrutmen CPNS untuk fresh graduate dengan talenta digital yang akan ditugaskan di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan pemerintah daerah, yaitu sebanyak 71.643 formasi yang terdiri dari 14.114 formasi CPNS dan 57.529 PPPK.  Lantas, kapan pendaftaran CPNS 2024 dibuka? 

Pendaftaran CPNS 2024 masih menunggu Panselnas 

Meskipun ditargetkan dibuka Juli 2024, Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Vino Dita Tama belum bisa memastikan kapan tanggal pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 bakal dibuka. 

Vino menyampaikan, kepastian jadwal pendaftaran CPNS 2024 masih menunggu finalisasi dari Panitia Seleksi Nasional atau Panselnas. 

"Untuk jadwal pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK masih menunggu keputusan resmi Panselnas," ucapnya, saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (1/7/2024). 

Setelah pembukaan diumumkan, Voni berkata, BKN akan menyampaikan lebih lanjut jadwal dan tahapan seleksi CPNS dan PPPK 2024. 

Saat ditanya apakah pendaftaran CPNS akan dibuka sesuai target, yaitu pada Juli 2024, Vino belum bersedia menjelaskan lebih lanjut. Ia hanya meminta masyarakat untuk menunggu informasi resmi yang akan disampaikan selanjutnya. 

Persyaratan Pendaftaran CASN 2024

Informasi resmi terkait persyaratan pendaftaran CASN 2024 masih belum diumumkan oleh BKN. Namun, berdasarkan persyaratan tahun sebelumnya dan rancangan pengumuman yang beredar, berikut adalah kemungkinan persyaratan umum yang akan diberlakukan:

Syarat Umum Pendaftaran CPNS

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Minimal usia 18 tahun dan maksimal 35 tahun.
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Peserta tidak pernah dipidana penjara 2 tahun atau lebih.
  • Peserta tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat atau berhenti sebagai PNS, TNI, Polri, atau pegawai swasta.
  • Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, TNI, atau Polri.
  • Bukan anggota atau pengurus partai politik.
  • Peserta memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan jabatan yang dibuka.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia maupun negara lain sesuai dengan ketentuan instansi.
 
Sebagaimana telah disebutkan, syarat tersebut dapat berubah pada CPNS 2024, tergantung pada keputusan resmi Menpan-RB terkait syarat CPNS 2024.
 
Adapun, untuk pendaftaran CPNS 2024 akan dilakukan secara online melalui website resmi Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) - Badan Kepegawaian Negara (BKN RI).
 
Jadi gimana guys untuk persiapan SKD CPNS kamu? Dan kamu gimana cara belajarnya? Apakah sudah sesuai dan maksimal? Tau ga, Kamu bisa dapetin soal-soal tryout berkualitas dan sudah sesuai dengan FR SOAL ASLI SKD terbaru di PLC Pekanbaru. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website plcpekanbaru.com
 
PLC Pekanbaru? Sahabat Meraih Cita-cita
 
***
Bimbel PLC Pekanbaru merupakan Bimbel Persiapan Tes CPNS terbaik di Pekanbaru. Bimbel PLC menyediakan berbagai program pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa mulai dari Les Bebas, Les Kelas, Les Private, Les Akademik & Psikologi, Les Jasmani, hingga Les Persiapan selama 1 tahun.
 
Bimbel PLC Pekanbaru memanfaatkan teknologi terkini dalam proses pembelajaran, seperti penggunaan Aplikasi PLC Siswa untuk mendukung pembelajaran, simulasi tes berbasis CAT, Les Online dan TryOut Online melalui aplikasi, fitur pembahasan soal secara GRATIS, sehingga mempermudah akses siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu, tersedia juga Modul Belajar dengan UPDATE SOAL setiap tahunnya agar siswa lebih mantap lagi dalam mengasah soal-soal persiapan tes.
 
Bimbel PLC juga telah berhasil membawa banyak siswa untuk meraih prestasi dan cita-citanya, antara lain: PLC berhasil membantu 117 Siswanya LULUS Bintara Polri 2023, LULUS AKPOL 2023 sebanyak 4 orang, LULUS Kedinasan 2023 di berbagai instansi, CPNS, Siswa LULUS SNBT 2023 di berbagai Kampus Terbaik di Indonesia, dan masih banyak lagi.
 
Untuk kamu yang butuh persiapan tes secara maksimal, bimbingan belajar intensif, ayo bergabung bersama PLC Pekanbaru. Bersama PLC Pekanbaru, raih cita-citamu dari sekarang!
 
* Bimbel Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-polri/
* Bimbel TNI Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-tni/
* Bimbel Kedinasan Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-kedinasan/
* Bimbel SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sd/
* Bimbel SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-smp/
* Bimbel SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sma/
* Bimbel Persiapan Masuk Kampus Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-masuk-kampus/
* Bimbel Lainnya Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-lainnya/
* Les Private AKPOL Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/akpol/
* Les Private Bintara Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/bintara/
* Les Private SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sd/
* Les Private SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/smp/
* Les Private SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sma/
* Les Private Persiapan UTBK Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/persiapan-utbk/
* Les Private IPDN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/ipdn/
* Les Private STAN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/stan/
* Les Private CPNS Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/cpns/
* Fitur Belajar Online Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/belajar-online/
* TryOut PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/tryout-nasional/
* Konsultasi PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/konsultasi-premium/
* Tes PSIKOTES PLC Terbaik di Pekanbaru: https://psikotes.plcpekanbaru.com/dashboard/
 
Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kami:
 

Share: