Sejumlah formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) CPNS dan PPPK 2024 telah diumumkan. Penetapan formasi dijadwalkan rampung pada Juni 2024. Kabar tersebut disampaikan Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) Rini Widyantini. Imbasnya, seleksi CASN diperkirakan mundur ke Juli 2024.
 
"Kita sih mintanya Juni harusnya sudah selesai (penetapan formasi), supaya Juli bisa (buka seleksi). Tapi kita belum tahu ya kapan, masih nunggu penetapan dari Pak Menteri (PAN-RB)," kata Rini pada Rabu (19/6/2024), dikutip dari CNBC Indonesia. Per 20 Juni 2024, berikut sejumlah formasi CPNS dan PPPK kementerian dan lembaga negara RI yang sudah disetujui MenPANRB , seperti dirangkum dari laman resminya.
 
Info Formasi CPNS dan PPPK 2024
 
Kemenag
 
110.553 Formasi CPNS dan PPPK Kementerian Agama (Kemenag) disetujui dari total 151.489 formasi CASN yang diusulkan. Jumlah kebutuhan yang disetujui terdiri dari 20.772 formasi CPNS dan 89.781 PPPK. Formasi CASN Kemenag meliputi guru madrasah, guru Sekolah Menengah Teologi Kristen, guru SMA Katolik, dosen PTKN, penyuluh agama, penghulu, talenta digital, serta penempatan di IKN. 1.378 Formasi CASN 2024 di Kemenag akan mendapat penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN).
Kemenag diperkirakan akan pindah ke IKN pada gelombang 3, yakni 2025-2026. Sebelum pindah ke kantor pusat Kemenag di IKN, CPNS dapat ditempatkan di satuan kerja (satker) pusat di Jakarta atau di daerah terdekat.
 
Kemendikbudristek
 
Sebanyak 40.541 formasi CASN Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah disetujui. Kebutuhan tersebut terdiri dari 15.462 formasi CPNS dan 25.079 PPPK. Pengadaan CPNS dan PPPK Kemendikbudristek 2024 rencananya diperuntukkan untuk guru, dosen dan SDM perguruan tinggi, serta kebutuhan CASN di IKN.
 
Kemensos
 
40.839 Formasi CASN Kementerian Sosial (Kemensos) disetujui MenPANRB. Mayoritasnya merupakan formasi PPPK tenaga teknis. Rincian formasi CASN Kemensos 2024 yaitu 125 CPNS tenaga teknis, 141 CPNS tenaga kesehatan, 40.508 PPPK tenaga teknis, dan 65 PPPK tenaga kesehatan.
 
Kemenhub
 
Semua usulan kebutuhan ASN di Kementerian Perhubungan disetujui KemenPANRB. Sebanyak 18.017 formasi CASN Kemenhub 2024 akan dibuka. Rincian formasi CASN Kemenhub tahun ini yaitu 1.385 CPNS tenaga teknis, 6 CPNS tenaga kesehatan, 16.543 PPPK tenaga teknis, dan 83 PPPK tenaga kesehatan.
 
Kementerian PUPR
 
26.319 Formasi CASN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) 2024 disetujui. Jumlah tersebut terdiri dari 6.385 formasi CPNS tenaga teknis, 3 CPNS tenaga kesehatan, dan 19.931 formasi PPPK tenaga teknis.
 
Kemenkes
 
Semua usulan formasi CASN Kementerian Kesehatan (Kemenkes) 2024 disetujui. Total kebutuhan CASN Kemenkes tahun ini yaitu 23.200 formasi. yang terdiri atas 8.607 CPNS dan 14.593 PPPK.
Terkait tenaga kesehatan, akan ada skema insentif bagi yang bertugas di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T).
 
Kemenhan
 
25.258 Formasi CASN Kementerian Pertahanan (Kemenhan) 2024 sudah disetujui. Formasi yang dibutuhkan yakni 13.687 CPNS tenaga teknis, 4.597 CPNS tenaga kesehatan, 3.200 PPPK tenaga teknis, dan 3.774 PPPK tenaga kesehatan.
 
Bawaslu
 
18.557 Formasi CPNS dan PPPK Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) 2024 yang diusulkan telah disetujui 100 persen. Rinciannya yaitu 1.984 CPNS dan 16.573 PPPK. Formasi CPNS dan PPPK Bawaslu yang dibutuhkan antara lain analis hukum, analis pengawasan, hingga auditor. Total 1.289.824 formasi CASN dibuka tahun ini untuk memenuhi kebutuhan 2,3 juta ASN secara bertahap. Jumlah formasi 2024 terbagi menjadi 427.650 formasi di instansi pusat dan 862.174 formasi di instansi daerah. Untuk pemenuhan SDM di IKN, sebanyak 71.643 formasi CASN akan ditempatkan di Ibu Kota Negara (IKN). Kebutuhan ini terdiri dari 14.114 formasi CPNS dan 57.529 formasi PPPK.
 
Jadi gimana guys untuk persiapan SKD CPNS kamu? Dan kamu gimana cara belajarnya? Apakah sudah sesuai dan maksimal? Tau ga, Kamu bisa dapetin soal-soal tryout berkualitas dan sudah sesuai dengan FR SOAL ASLI SKD terbaru di PLC Pekanbaru. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website plcpekanbaru.com
 
PLC Pekanbaru? Sahabat Meraih Cita-cita
 
***
Bimbel PLC Pekanbaru merupakan Bimbel Persiapan Tes CPNS terbaik di Pekanbaru. Bimbel PLC menyediakan berbagai program pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa mulai dari Les Bebas, Les Kelas, Les Private, Les Akademik & Psikologi, Les Jasmani, hingga Les Persiapan selama 1 tahun.
 
Bimbel PLC Pekanbaru memanfaatkan teknologi terkini dalam proses pembelajaran, seperti penggunaan Aplikasi PLC Siswa untuk mendukung pembelajaran, simulasi tes berbasis CAT, Les Online dan TryOut Online melalui aplikasi, fitur pembahasan soal secara GRATIS, sehingga mempermudah akses siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu, tersedia juga Modul Belajar dengan UPDATE SOAL setiap tahunnya agar siswa lebih mantap lagi dalam mengasah soal-soal persiapan tes.
 
Bimbel PLC juga telah berhasil membawa banyak siswa untuk meraih prestasi dan cita-citanya, antara lain: PLC berhasil membantu 117 Siswanya LULUS Bintara Polri 2023, LULUS AKPOL 2023 sebanyak 4 orang, LULUS Kedinasan 2023 di berbagai instansi, CPNS, Siswa LULUS SNBT 2023 di berbagai Kampus Terbaik di Indonesia, dan masih banyak lagi.
 
Untuk kamu yang butuh persiapan tes secara maksimal, bimbingan belajar intensif, ayo bergabung bersama PLC Pekanbaru. Bersama PLC Pekanbaru, raih cita-citamu dari sekarang!
 
* Bimbel Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-polri/
* Bimbel TNI Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-tni/
* Bimbel Kedinasan Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-kedinasan/
* Bimbel SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sd/
* Bimbel SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-smp/
* Bimbel SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sma/
* Bimbel Persiapan Masuk Kampus Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-masuk-kampus/
* Bimbel Lainnya Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-lainnya/
* Les Private AKPOL Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/akpol/
* Les Private Bintara Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/bintara/
* Les Private SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sd/
* Les Private SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/smp/
* Les Private SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sma/
* Les Private Persiapan UTBK Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/persiapan-utbk/
* Les Private IPDN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/ipdn/
* Les Private STAN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/stan/
* Les Private CPNS Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/cpns/
* Fitur Belajar Online Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/belajar-online/
* TryOut PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/tryout-nasional/
* Konsultasi PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/konsultasi-premium/
* Tes PSIKOTES PLC Terbaik di Pekanbaru: https://psikotes.plcpekanbaru.com/dashboard/
 
Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kami:
 

Share: