Berinteraksi dengan banyak orang secara intens bisa membuat orang dengan kepribadian introvert merasa kehabisan energi. Itulah mengapa, orang dengan kepribadian ini cenderung menghindari jenis pekerjaan tertentu. Bila kamu merasa memiliki kepribadian introvert, ada sejumlah jurusan kuliah dan pekerjaan yang bisa dipertimbangkan. Meski begitu, perlu dipahami bahwa kepribadian introvert tidak sama dengan pemalu atau memiliki gangguan kecemasan sosial. Introvert merupakan tipe kepribadian dengan ciri lebih fokus terhadap perasaan internal di dalam dirinya sendiri, dibandingkan dengan stimulasi eksternal dari lingkungan di sekitarnya. Orang-orang yang introvert, cenderung lebih pendiam, tenang, dan lebih luwes dalam menilai dirinya sendiri. Pemilik kepribadian introvert masih bisa berinteraksi dengan baik bersama orang lain. Hanya saja, setelah menghabiskan waktu berkumpul dengan banyak orang, seseorang yang introvert akan membutuhkan waktu menyendiri untuk kembali mengembalikan energinya. Hal ini berbanding terbalik dengan kepribadian ekstrovert, yang yang justru mendapatkan energi dari berkumpul dengan banyak orang. Merangkum laman Quipper Campus, berikut 6 jurusan kuliah bagi kamu yang pribadinya cenderung introvert:

1. Akuntansi

Akuntansi adalah bidang studi yang mempelajari materi terkait metode pencatatan dan penyusunan laporan keuangan yang berguna membantu pemangku kepentingan dalam proses pengambilan keputusan. Jurusan Akuntansi dikenal sebagai jurusan yang sangat dekat dengan angka, khususnya segala sesuatu yang terkait dengan keuangan.  begitu, mahasiswa Jurusan Akuntansi tidak hanya belajar tentang cara menghitung uang, termasuk juga tentang manajemen, perpajakan, sistem informasi, hingga pengauditan. Secara umum, rata-rata gaji awal lulusan Akuntansi berada pada kisaran Rp 4 juta dengan pekerjaan sebagai staf bagian keuangan. Meskipun begitu, besaran ini sangat bergantung pada kemampuan, area tempat bekerja, tingkatan jabatan, dan pengalaman yang dimiliki.

Prospek kerja:

  • Analis Keuangan
  • Akuntan Publik
  • Konsultan Pajak

2. Ilmu Komputer

Ilmu Komputer merupakan bidang studi yang identik dengan computer programming. Kamu akan dibekali keterampilan menyusun algoritma dan programming untuk mengembangkan sebuah aplikasi maupun sistem perangkat lunak. Jadi, pada dasarnya kamu akan belajar bagaimana cara agar komputer mampu melakukan berbagai hal yang diinginkan penggunanya. Di jurusan ini, ide-ide kreatifmu bisa diwujudkan apalagi di dunia informasi digital yang semakin tak terbatas.

Secara umum, rata-rata gaji awal lulusan Ilmu Komputer berada pada kisaran Rp 5 juta, dengan pekerjaan sebagai staf dari bidang tertentu di suatu perusahaan. Besaran ini sangat bergantung pada kemampuan dan pengalaman yang kamu dimiliki, area tempatmu bekerja, posisi saat bekerja.

Prospek kerja:

  • Analisa Data
  • Software Developer
  • Game Creator

3.Teknologi Informasi

Jurusan Teknologi Informasi atau TI mendalami solusi-solusi terkait teknologi komputer yang diterapkan pada berbagai bidang, di antaranya yakni pemerintahan, kesehatan, pendidikan, termasuk pengembangan bisnis. Jurusan Teknik Informatika berfokus pada pemrograman dan pengembangan software atau aplikasi, sedangkan Jurusan Sistem Informasi berfokus pada hal lain di luar pemrograman yakni implementasi ilmu komputer dalam mendukung fungsi manajemen ataupun bisnis.

Lalu, Jurusan Teknologi Informasi sendiri merupakan jurusan yang mempelajari tentang sistem atau teknologi olah data termasuk implementasinya pada berbagai hal, termasuk pengembangan software, artificial intelligence, dan pengembangan sistem informasi berbasis cloud.

Prospek kerja:

  • Analis Keamanan Informasi
  • Analis Sistem Komputer
  • Application Engineer.

4. Desain Komunikasi Visual

Jurusan Desain Komunikasi Visual atau DKV adalah bagian dari ilmu desain yang mempelajari tentang konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, dengan memanfaatkan elemen visual untuk menyampaikan pesan dengan tujuan tertentu. Karena unsur pesan memiliki peran yang sangat penting, lulusan jurusan DKV diharapkan mampu mengolah pesan tersebut menjadi sesuatu yang menarik, informatif, dan komunikatif, sehingga bisa disampaikan secara efektif.

Terdapat beberapa bidang utama yang umumnya digeluti lulusan Jurusan Desain Komunikasi Visual, seperti industri media massa, percetakan dan penerbitan, biro konsultan desain, periklanan, production house, film production, serta industri game. Prospek pekerjaan untuk sarjana DKV tidak pernah sepi, karena di setiap industri membutuhkan seseorang yang mampu menyampaikan pesan secara visual. Selain itu, kamu juga bisa bekerja secara mandiri sebagai freelancer atau entrepreneur seperti, illustrator, fotografer, animator, web designer, dan layouter.

Prospek kerja:

  • Ilustrator
  • Animator
  • Perancang Web
  • Desainer Produk.

5. Arsitektur

Meski tergolong sebagai salah satu jurusan di Fakultas Teknik, Jurusan Arsitektur sebetulnya tidak melulu membahas masalah teknik, bahkan cenderung ke bidang seni dan estetika. Di Program Studi Arsitektur, kamu bakal mendesain bangunan sesuai kebutuhan dan tentu saja dengan memperhatikan nilai fungsi, keindahan, dan keamanan. Tidak cuma berhenti sampai menciptakan desain, kamu juga akan dibekali dengan kemampuan perencanaan anggaran yang berguna saat membuat bangunan. Prospek kerja yang menanti lulusan jurusan Arsitektur sangat banyak. Mulai dari pemerintahan, developer, hingga kontraktor. Lulusan Arsitektur bisa juga terjun ke bisnis kebutuhan lanskap, seperti tanaman taman, pot hias, material paving, dan lainnya.

Prospek kerja:

  • Arsitek
  • Developer
  • Kontraktor

Yuk Beli Buku Akademik dan Psikologi Akpol, untuk link shopee berikut : PLC Pekanbaru

***

Bimbel PLC Pekanbaru merupakan Bimbel Persiapan SNBT & Ujian Mandiri terbaik di Pekanbaru. Bimbel PLC menyediakan berbagai program pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa mulai dari Les Bebas, Les Kelas, Les Private, Les Akademik & Psikologi, Les Jasmani, hingga Les Persiapan selama 1 tahun.

 

Bimbel PLC Pekanbaru memanfaatkan teknologi terkini dalam proses pembelajaran, seperti penggunaan Aplikasi PLC Siswa untuk mendukung pembelajaran, simulasi tes berbasis CAT, Les Online dan TryOut Online melalui aplikasi, fitur pembahasan soal secara GRATIS, sehingga mempermudah akses siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu, tersedia juga Modul Belajar dengan UPDATE SOAL setiap tahunnya agar siswa lebih mantap lagi dalam mengasah soal-soal persiapan tes.

 

Bimbel PLC juga telah berhasil membawa banyak siswa untuk meraih prestasi dan cita-citanya, antara lain: PLC berhasil membantu 117 Siswanya LULUS Bintara Polri 2023, LULUS AKPOL 2023 sebanyak 4 orang, LULUS Kedinasan 2023 di berbagai instansi, CPNS, Siswa LULUS SNBT 2023 di berbagai Kampus Terbaik di Indonesia, dan masih banyak lagi.

 

Untuk kamu yang butuh persiapan tes secara maksimal, bimbingan belajar intensif, ayo bergabung bersama PLC Pekanbaru. Bersama PLC Pekanbaru, raih cita-citamu dari sekarang!

 

* Bimbel Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-polri/

* Bimbel TNI Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-tni/

* Bimbel Kedinasan Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-kedinasan/

* Bimbel SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sd/

* Bimbel SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-smp/

* Bimbel SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sma/

* Bimbel Persiapan Masuk Kampus Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-masuk-kampus/

* Bimbel Lainnya Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-lainnya/

* Les Private AKPOL Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/akpol/

* Les Private Bintara Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/bintara/

* Les Private SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sd/

* Les Private SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/smp/

* Les Private SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sma/

* Les Private Persiapan UTBK Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/persiapan-utbk/

* Les Private IPDN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/ipdn/

* Les Private STAN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/stan/

* Les Private CPNS Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/cpns/

* Fitur Belajar Online Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/belajar-online/

* TryOut PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/tryout-nasional/

* Konsultasi PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/konsultasi-premium/

* Tes PSIKOTES PLC Terbaik di Pekanbaru: https://psikotes.plcpekanbaru.com/dashboard/

 

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kami:

 

Website: www.plcpekanbaru.com

Instagram: https://instagram.com/plcpekanbaru?igshid=MmIzYWVlNDQ5Yg==

TikTok: www.tiktok.com/@plcpekanbaru

Youtube: https://youtube.com/@BIMBELPLCPEKANBARU

Shopee: https://shope.ee/3KxhsQJu2Z

Tokopedia: https://tokopedia.link/ZFRp9VAy7Bb

Share: