Bimbingan belajar sepertinya sudah menjadi salah satu alternatif terbaik dalam meningkatkan kemampuan belajar. Setiap bimbingan belajar tentu memiliki keunggulan sendiri-sendiri. Meski begitu, tidak semua anak merasa cocok dengan fasilitas yang ditawarkan. Agar kamu nggak salah pilih, kamu bisa membaca beberapa tips memilih bimbingan belajar terbaik di bawah ini.
Benar-Benar Memiliki Waktu

Mengikuti bimbingan belajar memang membawa banyak manfaat. Tapi, jangan sampai kamu memaksakan diri untuk bergabung padahal kondisi sedang tidak memungkinkan. Sebelum kamu mendaftarkan diri pada bimbingan belajar, pastikan bahwa kamu benar-benar memiliki waktu. Setidaknya, kamu harus bersedia untuk menyisihkan sebagian waktumu demi mengikuti bimbingan belajar.

Terlebih apabila kamu merupakan murid yang cukup aktif di sekolah. Mungkin kamu mengikuti lebih dari satu ekstrakurikuler, bergabung dengan OSIS, atau terdaftar menjadi panitia suatu event sekolah. Tentu kamu harus pintar-pintar membagi waktu apabila benar-benar ingin mengikuti bimbingan belajar. Kamu juga harus rela mengurangi kegiatan lain, termasuk berselancar di dunia maya.

Jumlah Murid dalam Kelas

Meskipun kualitas menjadi hal utama yang dipertimbangkan dalam memilih bimbingan belajar, faktor kuantitas juga tidak kalah penting. Banyak anak memilih untuk bergabung dengan bimbingan belajar karena terlalu banyaknya jumlah murid dalam kelas di sekolah, menyebabkan mereka menjadi tidak fokus dalam menyerap materi pelajaran yang disampaikan.

Karenanya, cari tahu rasio pengajar dan peserta dalam satu kelas di tempat bimbingan belajar. Semakin sedikit jumlah murid, tentu kamu akan semakin fokus memperhatikan. Mentor juga akan memiliki waktu yang cukup untuk menerangkan materi secara lebih detail pada murid yang merasa belum paham. Tentunya kamu juga akan lebih nyaman untuk bertanya dan berdiskusi.

Tidak Sekadar Janji

Sebelum kamu bergabung dengan bimbingan belajar, pastinya kamu akan mencari tahu banyak hal tentang calon tempat belajarmu tersebut. Sebagai bagian dari promosi, tentu mereka akan memberikan berbagai janji agar kamu tertarik untuk bergabung dengan mereka. Mulai dari area khusus hotspot, ruangan kelas ber-AC, modul yang up to date, dan lain sebagainya.

Fasilitas tersebut memang menggiurkan, tapi kamu jangan langsung termakan janji mereka. Pastikan bahwa hal-hal yang mereka sebutkan dalam situs atau brosur bukan hanya sekadar promosi, melainkan benar-benar berdasarkan kenyataan. Kamu boleh, kok, mengunjungi bimbingan belajar untuk mengecek kondisi tempat sekaligus bertanya-tanya sebelum mendaftar. Jangan sampai kamu tertipu janji mereka.

Fasilitas Bimbingan Belajar

Hal satu ini penting untuk dijadikan pertimbangan. Kualitas suatu bimbingan belajar bisa dilihat dari fasilitas yang mereka punya. Tidak hanya terpaku pada hal-hal berbau fisik seperti ruang kelas ber-AC, komputer, atau koneksi wi-fi, tapi tanyakan fasilitas-fasilitas lain yang terkait dengan program-program pengajaran mereka. Apalagi jika kamu berniat untuk mendaftar pada program yang paling mahal.

Pastikan bahwa fasilitas yang kamu terima sesuai dengan harga yang kamu bayar. Sebagai contoh, tanyakan apakah mereka memiliki jasa konsultasi untuk mendiskusikan pilihan sekolah. Pilihlah bimbingan belajar yang peduli dengan peranmu sebagai murid. Jadi, progress belajarmu akan selalu diperhatikan. Jika performamu menurun pun kamu akan dibantu untuk kembali naik. 

Tempat Strategis dan Nyaman

Selain fasilitas dan kualitas, penting bagi kamu untuk mempertimbangkan faktor lokasi Jangan sampai kamu merasa lelah duluan karena harus menempuh perjalanan jauh dari rumah ke tempat bimbingan belajar. Bisa-bisa nanti kamu malah jadi tidak fokus saat mentor menerangkan materi. Hal tersebut tentu akan sangat merugikanmu. Kamu tentu tidak mau, kan, datang sia-sia ke tempat bimbingan belajar?

Jadi, cari bimbingan belajar yang lokasinya cukup dekat dari rumah. Sebagai alternatif lain, kamu juga bisa memilih bimbingan belajar yang dekat dari sekolah. Umumnya, waktu bimbingan belajar baru dimulai pada sore hari. Jadi, setelah pulang sekolah, kamu bisa langsung mendatangi bimbingan belajar. Kamu bahkan bisa sekalian membahas materi yang kamu dapatkan di sekolah pada hari itu.

Mentor Berkualitas

Seperti halnya fasilitas, banyak bimbingan belajar yang juga membanggakan para mentor sebagai bagian dari promosi mereka. Biasanya, mereka akan mengatakan bahwa mentor-mentor mereka telah berpengalaman dan merupakan lulusan dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit. Jangan termakan oleh promosi tersebut karena tidak semua lulusan PTN favorit memiliki teknik mengajar yang oke.

Biasanya, bimbingan belajar mengadakan trial atau kelas percobaan yang bisa kamu ikuti sebelum benar-benar terdaftar menjadi murid. Manfaatkan hal tersebut untuk mencari tahu kecocokan antara kamu dan mentor mereka. Apabila kamu merasa makin bingung setelah mengikuti trial, mungkin itu tandanya kamu harus mencari bimbingan belajar lain. Jangan sampai kamu mengundurkan diri di tengah jalan karena merasa tidak cocok dengan mentornya.

Metode Pembelajaran

Setiap bimbingan belajar memiliki metode pembelajaran tersendiri yang menjadi ciri khas mereka. Tapi, tentu tidak semua metode akan cocok dengan kamu. Sama halnya seperti mentor, kamu bisa mengetes metode pembelajaran suatu bimbingan belajar dengan mengikuti kelas percobaan yang diadakan. Ada pula metode bimbingan belajar online yang tidak kalah efektif dengan metode konvensional.

Tidak hanya menghemat waktu, bimbingan belajar online juga lebih fleksibel karena kamu bebas memilih tempat pembelajaran. Kamu bisa melakukannya sambil hang out di kafe atau tiduran di dalam kamar. Program-program yang ditawarkan pun beragam, kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu. Hasil pembelajaran kamu akan terekam secara otomatis sehingga dapat dijadikan patokan untuk perbaikan selanjutnya.

Buat adik-adik khusus wilayah Pekanbaru, adik-adik dapat mengikuti bimbel di PLC Pekanbaru. Baik program kelas maupun Guru Private dapat disediakan dengan mentor yang berkualitas.

Info lebih lanjut hubungi:

085363972521 (Bayu)

082390478016 (Icha)

Share:

Tags: Umum