Kuliah menjadi impian hampir seluruh pelajar lulusan pendidikan tingkat menengah atas. Sebab, belajar di perguruan tinggi merupakan salah satu jalan untuk meraih cita-cita. Tanpa meraih gelar dari kampus, seseorang sulit menjalankan profesi tertentu, misalnya menjadi dokter atau perawat.

Tidak mengherankan apabila banyak calon mahasiswa yang berlomba-lomba membekali diri dengan ilmu pengetahuan agar mampu merebut bangku kuliah. Berbagai cara pun dilakukan, seperti kursus intensif hingga berkali-kali mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Namun, setelah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS), jangan sampai para mahasiswa baru tenggelam dalam euforia berlebihan. Sebagai mahasiswa baru, alangkah lebih baik untuk memahami seluruh aturan yang berlaku di kampus, termasuk batas waktu kuliah.

Batas Waktu Kuliah

Menurutbsitus Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIII – Aceh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), pemerintah telah membuat aturan baru terkait batas maksimal durasi masa pendidikan sarjana atau Strata-1 (S1).

Semula, mahasiswa bisa mengenyam pendidikan tinggi paling lama tujuh tahun, lalu direncanakan dipersingkat menjadi maksimal lima tahun.

Ketentuan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT).

Dalam aturan itu, beban belajar minimal mahasiswa S1 dan pendidikan vokasi/diploma empat (D4) adalah 144 Satuan Kredit Semester (SKS) dalam kurun waktu 4-5 tahun (8-10 semester).

Namun, sebagaimana Surat Edaran (SE) Menristekdikti No. 01/M/SE/V/2015 tentang Penundaan Implementasi Permendikbud Nomor 49, 73, 95, dan 154 Tahun 2014, realisasi batas waktu kuliah dcabut sejak 20 Mei 2015. Kemendikbud Ristek kemudian menerbitkan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang SNPT.

Adapun rincian batas waktu kuliah terbaru untuk jenjang D1 sampai program doktor yang berlaku sejak 28 Januari 2020, sesuai Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 Pasal 17 adalah sebagai berikut.

  1. D1: paling lama 2 tahun
  2. D2: paling lama 3 tahun
  3. D3: paling lama 5 tahun
  4. D4/S1: paling lama 7 tahun.
  5. Program profesi setelah D4/S1: paling lama 3 tahun
  6. Program magister (S2), magister terapan, dan spesialis satu setelah D4/S1: paling lama 4 tahun
  7. Program doktor (S3), doktor terapan, dan spesialis dua: paling lama 7 tahun

***

Bimbel PLC Pekanbaru merupakan Bimbel Persiapan Masuk PTN, Persiapan SNBT & Ujian Mandiri terbaik di Pekanbaru. Bimbel PLC menyediakan berbagai program pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa mulai dari Les Bebas, Les Kelas, Les Private, Les Akademik & Psikologi, Les Jasmani, hingga Les Persiapan selama 1 tahun.

Bimbel PLC Pekanbaru memanfaatkan teknologi terkini dalam proses pembelajaran, seperti penggunaan Aplikasi PLC Siswa untuk mendukung pembelajaran, simulasi tes berbasis CAT, Les Online dan TryOut Online melalui aplikasi, fitur pembahasan soal secara GRATIS, sehingga mempermudah akses siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu, tersedia juga Modul Belajar dengan UPDATE SOAL setiap tahunnya agar siswa lebih mantap lagi dalam mengasah soal-soal persiapan tes.

Bimbel PLC juga telah berhasil membawa banyak siswa untuk meraih prestasi dan cita-citanya, antara lain: PLC berhasil membantu 117 Siswanya LULUS Bintara Polri 2023, LULUS AKPOL 2023 sebanyak 4 orang, LULUS Kedinasan 2023 di berbagai instansi, CPNS, Siswa LULUS SNBT 2023 di berbagai Kampus Terbaik di Indonesia, dan masih banyak lagi.

Untuk kamu yang butuh persiapan tes secara maksimal, bimbingan belajar intensif, ayo bergabung bersama PLC Pekanbaru. Bersama PLC Pekanbaru, raih cita-citamu dari sekarang!

* Kumpulan Bimbel Polri: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-polri/

* Kumpulan Bimbel TNI: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-tni/

* Kumpulan Bimbel Kedinasan: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-kedinasan/

* Kumpulan Bimbel SD: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sd/

* Kumpulan Bimbel SMP: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-smp/

* Kumpulan Bimbel SMA: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sma/

* Kumpulan Bimbel Persiapan Masuk Kampus: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-masuk-kampus/

* Kumpulan Bimbel Lainnya: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-lainnya/

* Les Private AKPOL: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/akpol/

* Les Private Bintara Polri: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/bintara/

* Les Private SD: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sd/

* Les Private SMP: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/smp/

* Les Private SMA: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sma/

* Les Private Persiapan UTBK: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/persiapan-utbk/

* Les Private IPDN: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/ipdn/

* Les Private STAN: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/stan/

* Les Private CPNS: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/cpns/

* Fitur Belajar Online: https://www.plcpekanbaru.com/belajar-online/

* TryOut PREMIUM PLC: https://www.plcpekanbaru.com/tryout-nasional/

* Konsultasi PREMIUM PLC: https://www.plcpekanbaru.com/konsultasi-premium/

* Tes PSIKOTES PLC: https://psikotes.plcpekanbaru.com/dashboard/

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kami:

Website: www.plcpekanbaru.com

Instagram: https://instagram.com/plcpekanbaru?igshid=MmIzYWVlNDQ5Yg==

TikTok: www.tiktok.com/@plcpekanbaru

Youtube: https://youtube.com/@BIMBELPLCPEKANBARU

Shopee: https://shope.ee/3KxhsQJu2Z

Tokopedia: https://tokopedia.link/ZFRp9VAy7Bb

Share:

Tags: Umum