Ada sejumlah universitas jurusan kuliah kedokteran dengan akreditasi Unggul di Sumatera. Tak hanya jenjang S1 atau Sarjana, beberapa di antaranya juga memiliki program magister, profesi, dan lainnya.

Saat masuk ke dunia perkuliahan, calon mahasiswa baru harus mempertimbangkan pemilihan jurusan agar tidak menyesal di kemudian hari. Salah satu jurusan kuliah populer adalah bidang kedokteran seperti Ilmu Kedokteran, Pendidikan Dokter, Kedokteran Gigi, dan lainnya.

Tak hanya di Pulau Jawa, sejumlah universitas di Sumatera juga memiliki jurusan di bidang kedokteran yang bisa menjadi pilihan.

Dari sekian nama, beberapa di antaranya telah mendapat akreditasi Unggul.

Universitas Jurusan Kuliah Kedokteran Akreditasi Unggul di Sumatera. Berikut ini adalah kampus favorit. Jadi kamu bisa bimbel persiapan tes masuk kampus favorit di Plc Pekanbaru.

1. Universitas Andalas

Universitas Andalas (Unand) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia. Adapun lokasinya sendiri terletak di Kota Padang, Sumatera Barat.

Mengutip laman resminya, perguruan tinggi ini menjadi universitas tertua di luar Pulau Jawa.

Melihat sejarahnya, institusi pendidikan ini dibuka secara resmi pada tanggal 23 Desember 1955 oleh Wakil Presiden RI Mohammad Hatta.

Pada pendiriannya, Unand menjadi universitas keempat yang diresmikan oleh Pemerintah Indonesia.

Sekitar tahun 2021 lalu, mereka resmi ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) ke-13 di Indonesia melalui Peraturan Pemerintah Nomor 95 Tahun 2021.

Pada program pendidikan yang disediakan, Unand membuka jenjang sarjana, magister, doktor, hingga profesi dan vokasi. Dari sekian banyak pilihan, mereka memiliki beberapa program studi (studi) di bidang kedokteran.

Salah satu yang bisa disebutkan dan cukup populer adalah prodi S1 Kedokteran. Program studi (prodi) tersebut telah mengantongi akreditasi "Unggul" berdasarkan SK 0683/LAM-PTKes/Akr/Sar/VIII/2022 dan berlaku hingga September 2026 mendatang.

Selain S1 Kedokteran, Universitas Andalas juga memiliki prodi S1 Kedokteran Gigi. Jurusan tersebut telah mendapat akreditasi Unggul berdasarkan SK 1095/LAM-PTKes/Akr/Sar/XII/2022.

2. Universitas Sriwijaya

Berikutnya ada Universitas Sriwijaya yang memiliki program studi (prodi) di bidang kedokteran. Salah satunya yang cukup populer adalah S1 Kedokteran.

Saat ini, prodi tersebut memiliki akreditasi Unggul yang didasarkan pada SK 0473/LAM-PTKes/Akr/Sar/VII/2023. Selain itu, Unsri juga memiliki prodi Profesi Dokter dengan akreditasi Unggul berdasarkan SK 0474/LAM-PTKes/Akr/Pro/VII/2023. Predikat tersebut masih berlaku hingga 2028 mendatang.

3. Universitas Syiah Kuala

Universitas Syiah Kuala yang terletak di Banda Aceh juga memiliki sejumlah prodi bidang Kedokteran dengan akreditasi Unggul.

Salah satunya adalah S1 Pendidikan Dokter dengan SK 0681/LAM-PTKes/Akr/Sar/VIII/2022. Kemudian ada juga prodi lain seperti S1 Kedokteran Gigi, S1 Pendidikan Dokter Hewan, Profesi Dokter, serta Profesi Dokter Hewan.

4. Universitas Sumatera Utara (USU)

Universitas Sumatera Utara (USU) merupakan perguruan tinggi yang berada di Medan. Dari sekian program studi bidang kedokteran yang dimilikinya, USU mempunyai beberapa jurusan kuliah dengan akreditasi Unggul.

Di antaranya adalah S1 Pendidikan Dokter yang didasarkan pada SK 0469/LAM-PTKes/Akr/Sar/VI/2022. Selain itu, ada juga prodi lain seperti S2 Ilmu Kedokteran Klinis, hingga Profesi Dokter.

5. Universitas Prima Indonesia Medan

Pada program strata S2 dan S3, Universitas Prima Indonesia Medan juga memiliki beberapa jurusan kuliah bidang kedokteran yang mendapat akreditasi Unggul. Salah satunya adalah S2 Kedokteran Tropis yang didasarkan pada SK 0006/LAM-PTKes/Akr.Bd/Mag/VII/2023.

***

Bimbel PLC Pekanbaru merupakan Bimbel Kedokteran terbaik di Pekanbaru. Bimbel PLC menyediakan berbagai program pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa mulai dari Les Bebas, Les Kelas, Les Private, Les Akademik & Psikologi, Les Jasmani, hingga Les Persiapan selama 1 tahun.

Bimbel PLC Pekanbaru memanfaatkan teknologi terkini dalam proses pembelajaran, seperti penggunaan Aplikasi PLC Siswa untuk mendukung pembelajaran, simulasi tes berbasis CAT, Les Online dan TryOut Online melalui aplikasi, fitur pembahasan soal secara GRATIS, sehingga mempermudah akses siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu, tersedia juga Modul Belajar dengan UPDATE SOAL setiap tahunnya agar siswa lebih mantap lagi dalam mengasah soal-soal persiapan tes.

Bimbel PLC juga telah berhasil membawa banyak siswa untuk meraih prestasi dan cita-citanya, antara lain: PLC berhasil membantu 117 Siswanya LULUS Bintara Polri 2023, LULUS AKPOL 2023 sebanyak 4 orang, LULUS Kedinasan 2023 di berbagai instansi, CPNS, Siswa LULUS SNBT 2023 di berbagai Kampus Terbaik di Indonesia, dan masih banyak lagi.

Untuk kamu yang butuh persiapan tes secara maksimal, bimbingan belajar intensif, ayo bergabung bersama PLC Pekanbaru. Bersama PLC Pekanbaru, raih cita-citamu dari sekarang!

* Kumpulan Bimbel Polri: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-polri/

* Kumpulan Bimbel TNI: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-tni/

* Kumpulan Bimbel Kedinasan: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-kedinasan/

* Kumpulan Bimbel SD: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sd/

* Kumpulan Bimbel SMP: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-smp/

* Kumpulan Bimbel SMA: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sma/

* Kumpulan Bimbel Persiapan Masuk Kampus: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-masuk-kampus/

* Kumpulan Bimbel Lainnya: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-lainnya/

* Les Private AKPOL: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/akpol/

* Les Private Bintara Polri: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/bintara/

* Les Private SD: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sd/

* Les Private SMP: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/smp/

* Les Private SMA: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sma/

* Les Private Persiapan UTBK: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/persiapan-utbk/

* Les Private IPDN: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/ipdn/

* Les Private STAN: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/stan/

* Les Private CPNS: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/cpns/

* Fitur Belajar Online: https://www.plcpekanbaru.com/belajar-online/

* TryOut PREMIUM PLC: https://www.plcpekanbaru.com/tryout-nasional/

* Konsultasi PREMIUM PLC: https://www.plcpekanbaru.com/konsultasi-premium/

* Tes PSIKOTES PLC: https://psikotes.plcpekanbaru.com/dashboard/

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kami:

Website: www.plcpekanbaru.com

Instagram: https://instagram.com/plcpekanbaru?igshid=MmIzYWVlNDQ5Yg==

TikTok: www.tiktok.com/@plcpekanbaru

Youtube: https://youtube.com/@BIMBELPLCPEKANBARU

Shopee: https://shope.ee/3KxhsQJu2Z

Tokopedia: https://tokopedia.link/ZFRp9VAy7Bb

Share:

Tags: Umum