Ini peluang kerja lulusan Jurusan Teknik Nuklir yang menggiurkan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Jurusan Teknik adalah jurusan langka menjanjikan dengan peluang kerja bagus di perusahaan-perusahaan bonafit.

Subyek pembelajaran bidang teknik ini meliputi perancangan, pengembangan, percobaan, pengoperasian dan perawatan sistem juga komponen fisi nuklir, seperti reaktor nuklir, PLTN, dan senjata nuklir. Teknik Nuklir juga dipergunakan dalam aplikasi nuklir pada kedokteran seperti radioterapi dan I radiodiagnosis.Dirangkum dari berbagai sumber, ini sederet peluang kerja menjanjikan di perusahaan besar untuk lulusan Teknik Nuklir.

Perusahaan Besar/Lembaga Kenamaan yang Bisa Merekrut Lulusan Teknik Nuklir

1. Perusahaan Pertambangan

Mata kuliah yang dipelajari di Teknik Nuklir berkutat seputar fisika, kimia, dan matematika. Mahasiswa Teknik Nuklir terbiasa dengan kegiatan riset, observasi mendalam, dan punya ketelitian cukup tinggi. Pengetahuan ini sangat berguna di dunia pertambangan.

Jadi gak harus selalu berhubungan dengan nuklir, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan juga mencari lulusan Teknik Nuklir yang kompeten. Perusahaan tambang seperti Freeport berpeluang merekrut lulusan Teknik Nuklir.

2. Perusahaan Perminyakan

Teknik Nuklir juga mempelajari tentang termodinamika, mekanika fluida (mekanika macam-macam jenis cairan), serta perpindahan panas dan massa. Pengetahuan ini banyak diaplikasikan di dunia perminyakan.

Jadi gak ada salahnya, lulusan Teknik Nuklir menjajal peruntungan di perusahaan perminyakan.Pertamina, Shell hingga Exxon berpeluang menerima lulusan Teknik Nuklir

3. Pertamina

Sebagai satu satunya perusahaan perminyakan milik negara di Indonesia, Pertamina berpoenti besar merekrut banyak talenta lulusan Teknik Nuklir.

Terlebih saat ini Pertamina tengah mengembangkan energi baru terbarukan untuk kemandirian energi nasional serta mengejar target net zero emission pada 2060 mendatang.

4. PLN

Pada dasarnya, yang dipelajari dalam Teknik Nuklir adalah tentang energi. Reaksi nuklir melibatkan dan melepaskan energi.

Nuklir juga bisa dijadikan sumber energi pembangkit listrik. Meski di Indonesia belum ada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), lulusan Teknik Nuklir bisa juga bergabung dengan perusahaan energi yang sudah ada seperti PLN, PJB, atau perusahaan lainnya milik swasta.

5. BATAN

Selain bidang pertambangan, perminyakan & energi. Kamu juga bisa mendaftar diri ke Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN).

Fungsi BATAN yaitu melakukan riset mendalam seputar nuklir.

6. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)

Dibekali kemampuan riset dan analisis yang baik, lulusan Teknik Nuklir juga sangat dibutuhkan di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

BPPT adalah lembaga pemerintah nondepartemen yang berada di bawah koordinasi Kemenristekdikti. Lembaga ini bertugas mengkaji potensi dan penerapan energi untuk kebutuhan negara serta masyarakat luas.

7. Kementerian ESDM

Badan pemerintahan lainnya yang membutuhkan lulusan Teknik Nuklir adalah Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM). Cakupannya luas, kamu yang tertarik bekerja di sini bakal mengeksplorasi sumber-sumber energi di seluruh wilayah Indonesia.

8. Rumah Sakit Bergengsi

Teknik Nuklir juga ada hubungannya dengan dunia kesehatan. Sinar gamma dan sinar X punya fungsi penting dalam bidang medis, yaitu radiologi, dua hal yang saat ini cukup vital di rumah sakit berkelas.

Pelaksanaan radioterapi dan radiodiagnosis tak bisa lepas dari reaksi nuklir di dalamnya. Lulusan Teknik Nuklir punya peluang untuk bekerja di rumah sakit bergengsi

***

Bimbel PLC Pekanbaru merupakan Bimbel Persiapan Masuk BUMN terbaik di Pekanbaru. Bimbel PLC menyediakan berbagai program pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa mulai dari Les Bebas, Les Kelas, Les Private, Les Akademik & Psikologi, Les Jasmani, hingga Les Persiapan selama 1 tahun.

Bimbel PLC Pekanbaru memanfaatkan teknologi terkini dalam proses pembelajaran, seperti penggunaan Aplikasi PLC Siswa untuk mendukung pembelajaran, simulasi tes berbasis CAT, Les Online dan TryOut Online melalui aplikasi, fitur pembahasan soal secara GRATIS, sehingga mempermudah akses siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu, tersedia juga Modul Belajar dengan UPDATE SOAL setiap tahunnya agar siswa lebih mantap lagi dalam mengasah soal-soal persiapan tes.

Bimbel PLC juga telah berhasil membawa banyak siswa untuk meraih prestasi dan cita-citanya, antara lain: PLC berhasil membantu 117 Siswanya LULUS Bintara Polri 2023, LULUS AKPOL 2023 sebanyak 4 orang, LULUS Kedinasan 2023 di berbagai instansi, CPNS, Siswa LULUS SNBT 2023 di berbagai Kampus Terbaik di Indonesia, dan masih banyak lagi.

Untuk kamu yang butuh persiapan tes secara maksimal, bimbingan belajar intensif, ayo bergabung bersama PLC Pekanbaru. Bersama PLC Pekanbaru, raih cita-citamu dari sekarang!

* Kumpulan Bimbel Polri: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-polri/

* Kumpulan Bimbel TNI: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-tni/

* Kumpulan Bimbel Kedinasan: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-kedinasan/

* Kumpulan Bimbel SD: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sd/

* Kumpulan Bimbel SMP: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-smp/

* Kumpulan Bimbel SMA: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sma/

* Kumpulan Bimbel Persiapan Masuk Kampus: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-masuk-kampus/

* Kumpulan Bimbel Lainnya: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-lainnya/

* Les Private AKPOL: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/akpol/

* Les Private Bintara Polri: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/bintara/

* Les Private SD: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sd/

* Les Private SMP: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/smp/

* Les Private SMA: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sma/

* Les Private Persiapan UTBK: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/persiapan-utbk/

* Les Private IPDN: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/ipdn/

* Les Private STAN: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/stan/

* Les Private CPNS: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/cpns/

* Fitur Belajar Online: https://www.plcpekanbaru.com/belajar-online/

* TryOut PREMIUM PLC: https://www.plcpekanbaru.com/tryout-nasional/

* Konsultasi PREMIUM PLC: https://www.plcpekanbaru.com/konsultasi-premium/

* Tes PSIKOTES PLC: https://psikotes.plcpekanbaru.com/dashboard/

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kami:

Website: www.plcpekanbaru.com

Instagram: https://instagram.com/plcpekanbaru?igshid=MmIzYWVlNDQ5Yg==

TikTok: www.tiktok.com/@plcpekanbaru

Youtube: https://youtube.com/@BIMBELPLCPEKANBARU

Shopee: https://shope.ee/3KxhsQJu2Z

Tokopedia: https://tokopedia.link/ZFRp9VAy7Bb

Share: