Calon mahasiswa yang ingin mendaftar kuliah di perguruan tinggi negeri ( PTN ) biasanya akan mempertimbangkan jurusan dan universitas yang sesuai dengan minatnya.

Di samping kedua hal itu, besaran Uang Kuliah Tunggal ( UKT ) juga menjadi bahan pertimbangan para calon mahasiswa dalam menentukan pilihan perguruan tinggi yang akan diambil.

UKT merupakan jumlah besaran nilai yang harus dibayar mahasiswa setiap semesternya. Kebijakan mengenai jumlah UKT setiap mahasiswa pun berbeda-beda, tergantung kemampuan ekonomi orang tua dari mahasiswa dan pertimbangan lain yang ditentukan PTN.

Biasanya, UKT akan berbeda bagi masing-masing mahasiswa tergantung jalur masuknya. Contoh, biaya kuliah berupa UKT akan beda antara Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan jalur mandiri.

Secara umum, PTN di Indonesia mematok UKT golongan 1 mulai dari Rp0 hingga Rp500 ribu untuk masing-masing program studi. UKT termahal biasanya mencapai Rp7 juta bahkan untuk jurusan berbiaya tinggi seperti Fakultas Kedokteran, UKT bisa mencapai Rp25 juta per semester.

Jadi, mana PTN yang punya biaya kuliah termurah? Berdasarkan hasil penelusuran tim SINDOnews, berikut deretan universitas negeri PTN dengan biaya kuliah termurah.

PTN dengan Biaya Kuliah Termurah:

1. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) sebagai universitas negeri dengan biaya termurah.

Unsoed mempunyai 12 fakultas yaitu Fakultas Pertanian, Ekonomi dan Bisnis, Hukum, Ilmu Sosial dan Politik, Ilmu Budaya, dan masih banyak lagi.

Dengan banyaknya fakultas yang tersedia, Unsoed juga memberikan UKT yang murah bagi para mahasiswanya.

Sama seperti universitas negeri pada umumnya, UKT Unsoed paling murah sebesar Rp500 ribu per semester.

Besaran biaya UKT pada Unsoed juga berbeda-beda tergantung pada prodinya. UKT tertinggi di Unsoed untuk jenjang sarjana dimulai dari angka Rp3 juta hingga Rp7,5 juta tergantung prodi yang diambil.

Sedangkan, pada jurusan kedokteran, UKT tertinggi dapat mencapai Rp17,5 juta per semester.

2. Universitas Diponegoro (Undip)

Berdasarkan peraturan Rektor Undip per 9 Februari 2022, biaya kuliah Undip 2022 ditetapkan atas Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pendidikan Institusi (SPI).

Mahasiswa Undip 2023 yang akan dikenakan UKT tanpa SPI adalah yang diterima melalui program S1 dan D4 melalui jalur SMBP, SMBT, dan Penerimaan Seleksi Siswa Berpotensi (PSBB) Sekolah Vokasi.

Besar UKT Undip 2023 berbeda-beda sesuai ketentuan prodi masing-masing dan penggolongannya.

UKT golongan 1 yang terendah adalah Rp500 ribu sedangkan yang tertinggi mencapai Rp22 Juta.

3. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas yang memiliki biaya kuliah murah selanjutnya adalah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Biaya kuliah di UNY dihitung dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan ekonomi orang tua dari setiap mahasiswa.

UKT yang ada pada UNY terbagi dalam tujuh golongan. Namun, mahasiswa UNY yang masuk melalui jalur mandiri dikenakan UKT minimal golongan III ditambah dengan pembayaran Uang Pangkal Pengembangan Akademik (UPPA).

UKT termurah ada pada golongan I yaitu sebesar Rp500 ribu per semester.

Sedangkan golongan tertinggi ada pada golongan VII dan besarannya tergantung dari masing-masing prodi, yang dimulai dari Rp4.940.000 hingga Rp5.645.000.

4. Universitas Indonesia (UI)

Biaya kuliah UI 2022 program S1 Reguler dibagi menjadi Biaya Operasional Pendidikan-Berkeadilan (BOP-Berkeadilan) dan BOP-Pilihan.

BOP-Pilihan UI adalah mekanisme pembebanan biaya pendidikan yang ditentukan sendiri oleh penanggungnya dengan dasar keinginan berpartisipasi dalam pengembangan penyelenggaraan pendidikan berkualitas di UI.

Sedangkan BOP-Berkeadilan UI atau BOP-B UI adalah mekanisme penetapan biaya pendidikan mahasiswa S1 Reguler berdasarkan kemampuan bayar penanggungnya.

Biaya kuliah di UI yang dikenal murah ada pada BOP-Berkeadilan UI dengan biaya terendah Rp500 ribu dan tertinggi Rp7,5 Juta.

5. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Biaya kuliah di Universitas Sebelas Maret secara resmi menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal atau disingkat UKT sejak 2012.

Dalam pelaksanaannya UKT memberikan peluang kepada setiap mahasiswa baru untuk mendapatkan bangku di perguruan tinggi dengan biaya kuliah yang relatif terjangkau.

UKT pada masing-masing program studi dibagi menjadi 8 kelas atau kelompok. Untuk kelompok I dan kelompok II, biaya UKT tidak ada perbedaan, yakni Rp475.000 dan Rp975.500.

Pada kelompok III hingga VII, biaya UKT semakin besar dengan rentang biaya antarkelompok sekitar Rp400.000 hingga Rp1 juta. Sedangkan kenaikan nominal dari kelompok VII ke VIII lebih besar lagi, yakni di kisaran Rp100 ribu hingga Rp4 jutaan.

6. Universitas Brawijaya (UB)

Khusus kampus yang berlokasi di Kota Malang ini, UKT yang harus dibayar mahasiswa berdasarkan Peraturan Rektor UB No 41 Tahun 2020 Tentang Biaya Pendidikan terbagi menjadi 6 kelompok.

UKT I menjadi yang terendah dengan besaran Rp500 ribu sedangkan UKT VI ada pada jurusan Kedokteran Gigi menjadi yang tertinggi dengan biaya Rp21 juta.

7. Universitas Padjadjaran

PTN yang memiliki biaya UKT murah selanjutnya ialah UNPAD. Universitas Padjadjaran Bandung atau yang juga dikenal dengan UNPAD seakan bisa menarik minat masyarakat luas dengan baik.

Besaran UKT kampus UNPAD, UKT I menjadi yang terendah dengan besaran Rp500 ribu sedangkan UKT VI ada pada jurusan Pendidikan Kedokteran Gigi menjadi yang tertinggi dengan biaya Rp13 juta.

8. Universitas Trunojoyo

Universitas Trunojoyo merupakan salah satu universitas negeri yang ada di Jawa Timur. Universitas ini mempunyai tujuh fakultas, yaitu Fakultas Hukum, Ekonomi & Bisnis, Pertanian, Teknik, Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Keislaman, dan Ilmu Pendidikan.

Semua fakultas yang ada di Universitas Trunojoyo memiliki besaran golongan UKT yang sama. Pembagian UKT di universitas ini terbagi dalam enam golongan, di mana UKT terendah sebesar Rp500 ribu dan UKT tertinggi sebesar Rp3 juta per semester.

9. Universitas Terbuka (UT)

Universitas Terbuka (UT) merupakan salah satu univeristas negeri termuda di Indonesia.

Selain menjadi univeritas negeri termuda, universitas yang telah berdiri sejak 1984 ini menjadi salah satu universitas negeri dengan biaya kuliah termurah.

Besaran biaya UKT di UT berkisar dari Rp500.000 hingga Rp2.200.000 per semester.

10. Universitas Malikussaleh

Terakhir, ada Universitas Malikussaleh yang berada di Aceh Utara. Universitas ini membagi UKT untuk para mahasiswanya ke dalam lima golongan.

Bagi mahasiswa yang mendapat UKT golongan pertama akan dikenakan biaya sebesar Rp500.000.

Sedangkan, biaya untuk UKT golongan tertinggi berbeda-beda tergantung pada jurusan yang dipilih.

Umumnya, setiap prodi hanya akan mencapai golongan IV dengan biaya sebesar Rp2.500.000 hingga Rp3.000.000. Namun, untuk jurusan kedokteran, terdapat golongan kelima dengan biaya sebesar Rp12.500.000.

***

Bimbel PLC Pekanbaru merupakan Bimbel Persiapan SNBT & Ujian Mandiri terbaik di Pekanbaru. Bimbel PLC menyediakan berbagai program pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa mulai dari Les Bebas, Les Kelas, Les Private, Les Akademik & Psikologi, Les Jasmani, hingga Les Persiapan selama 1 tahun.

Bimbel PLC Pekanbaru memanfaatkan teknologi terkini dalam proses pembelajaran, seperti penggunaan Aplikasi PLC Siswa untuk mendukung pembelajaran, simulasi tes berbasis CAT, Les Online dan TryOut Online melalui aplikasi, fitur pembahasan soal secara GRATIS, sehingga mempermudah akses siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu, tersedia juga Modul Belajar dengan UPDATE SOAL setiap tahunnya agar siswa lebih mantap lagi dalam mengasah soal-soal persiapan tes.

Bimbel PLC juga telah berhasil membawa banyak siswa untuk meraih prestasi dan cita-citanya, antara lain: PLC berhasil membantu 117 Siswanya LULUS Bintara Polri 2023, LULUS AKPOL 2023 sebanyak 4 orang, LULUS Kedinasan 2023 di berbagai instansi, CPNS, Siswa LULUS SNBT 2023 di berbagai Kampus Terbaik di Indonesia, dan masih banyak lagi.

Untuk kamu yang butuh persiapan tes secara maksimal, bimbingan belajar intensif, ayo bergabung bersama PLC Pekanbaru. Bersama PLC Pekanbaru, raih cita-citamu dari sekarang!

* Bimbel Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-polri/

* Bimbel TNI Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-tni/

* Bimbel Kedinasan Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-kedinasan/

* Bimbel SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sd/

* Bimbel SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-smp/

* Bimbel SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sma/

* Bimbel Persiapan Masuk Kampus Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-masuk-kampus/

* Bimbel Lainnya Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-lainnya/

* Les Private AKPOL Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/akpol/

* Les Private Bintara Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/bintara/

* Les Private SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sd/

* Les Private SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/smp/

* Les Private SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sma/

* Les Private Persiapan UTBK Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/persiapan-utbk/

* Les Private IPDN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/ipdn/

* Les Private STAN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/stan/

* Les Private CPNS Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/cpns/

* Fitur Belajar Online Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/belajar-online/

* TryOut PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/tryout-nasional/

* Konsultasi PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/konsultasi-premium/

* Tes PSIKOTES PLC Terbaik di Pekanbaru: https://psikotes.plcpekanbaru.com/dashboard/

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kami:

Website: www.plcpekanbaru.com

Instagram: https://instagram.com/plcpekanbaru?igshid=MmIzYWVlNDQ5Yg==

TikTok: www.tiktok.com/@plcpekanbaru

Youtube: https://youtube.com/@BIMBELPLCPEKANBARU

Shopee: https://shope.ee/3KxhsQJu2Z

Tokopedia: https://tokopedia.link/ZFRp9VAy7Bb

Buku Terkait
Share:

Tags: Umum