Dalam memilih perguruan tinggi negeri (PTN) tentu calon mahasiswa harus mempertimbangkan banyak hal. Terlebih, seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru 2023 sudah semakin dekat.

Seperti diketahui penerimaan mahasiswa baru kampus negeri akan melalui tiga seleksi yakni Seleksi Nasional berdasarkan Prestasi, Seleksi Nasional berdasarkan Tes, dan Seleksi secara Mandiri oleh PTN.

Jika calon mahasiswa asal dalam menentukan pilihan kampus, maka kegiatan perkuliahan yang dijalani akan terasa berat. Oleh karenanya, pemilihan kampus dan jurusan yang sesuai dengan minat sangat penting bagi calon mahasiswa.

Berkaitan dengan itu, ada sejumlah tips yang akan membantu calon mahasiswa khususnya siswa kelas 12 dalam menentukan kampus tujuan.

10 Tips Menentukan Universitas Negeri bagi Calon Mahasiswa

1. Gali Informasi Mengenai Jurusan dan Kampus yang Dituju

Riset menjadi hal utama yang harus dilakukan oleh calon mahasiswa. Sebelum menentukan, calon mahasiswa harus menggali informasi mengenai kampus dan jurusan yang akan dituju.

Cara melakukan riset cukup mudah, terlebih di era sekarang yang serba teknologi. Calon mahasiswa bisa mencari informasi mengenai kampus dan jurusan melalui internet. Biasanya, masing-masing kampus memiliki situs resmi untuk memudahkan calon mahasiswa.

2. Tentukan Tujuan

Tips yang kedua adalah menentukan tujuan pendidikan tinggi. Jika calon mahasiswa ingin menjadi seorang profesional, maka pilihlah kampus yang menerapkan banyak praktek ketimbang teori.

Pemilihan kampus tentu akan berbeda apabila calon mahasiswa ingin menjadi akademisi usai lulus perguruan tinggi.

3. Pilih Beberapa Universitas

Setelah menentukan jurusan yang sesuai dengan cita-cita dan minat, calon mahasiswa hendaknya memilih lebih dari satu universitas. Tentukan mana pilihan yang jadi prioritas dan cadangan.

4. Cermati Reputasi Kampus yang Dipilih

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya dalam menentukan kampus bagi calon mahasiswa adalah perhatikan reputasi universitas yang dipilih. Nah, reputasi kampus ini bisa dilihat dari akreditasinya.

Pastikan kampus pilihan calon mahasiswa memiliki status akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Informasi ini bisa dicek melalui situs resminya di banpt.or.id

5. Lokasi Universitas

Lokasi universitas jadi pertimbangan yang tak kalah penting. Sebab, jarak kampus akan berdampak pada biaya hidup yang dikeluarkan.

6. Fasilitas Universitas

Pastikan calon mahasiswa melakukan riset mengenai fasilitas yang disediakan oleh kampus tujuan. Kenali lebih detail perguruan tinggi agar tidak menyesal di kemudian hari. Sarana pendidikan yang memadai akan mempengaruhi kualitas diri.

7. Biaya Kuliah

Biaya kuliah jadi hal penting lainnya yang harus dicermati. Jika biaya kuliah kampus tujuan cukup besar, calon mahasiswa bisa mencari beasiswa, baik itu dari kampus maupun luar kampus.

8. Daya Tampung

Selanjutnya adalah daya tampung kampus yang akan dipilih. Jika calon mahasiswa memiliki universitas ternama, pastinya kuota yang disediakan terbatas.

Walau begitu, umumnya kampus membuka banyak jalur masuk yang bisa jadi bahan pertimbangan untuk calon mahasiswa.

9. Konsultasi dengan Orang Terdekat

Berkonsultasi dengan orang terdekat seperti keluarga, teman atau orang yang lebih berpengalaman jadi salah satu tips dalam menentukan universitas pilihan. Setelah berkonsultasi, calon mahasiswa akan mendapatkan berbagai perspektif.

10. Berpikir Realistis

Terakhir adalah berpikir realistis. Ketika calon mahasiswa memiliki keinginan kuat untuk masuk ke salah satu universitas, pastikan diimbangi dengan pertimbangan yang matang mulai dari sisi finansial, kemampuan diri sendiri, serta akademik.

Nah, itulah tips dalam menentukan kampus negeri tujuan bagi calon mahasiswa. Semoga bermanfaat.

***

Bimbel PLC Pekanbaru merupakan Bimbel Persiapan SNBT & Ujian Mandiri terbaik di Pekanbaru. Bimbel PLC menyediakan berbagai program pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa mulai dari Les Bebas, Les Kelas, Les Private, Les Akademik & Psikologi, Les Jasmani, hingga Les Persiapan selama 1 tahun.

Bimbel PLC Pekanbaru memanfaatkan teknologi terkini dalam proses pembelajaran, seperti penggunaan Aplikasi PLC Siswa untuk mendukung pembelajaran, simulasi tes berbasis CAT, Les Online dan TryOut Online melalui aplikasi, fitur pembahasan soal secara GRATIS, sehingga mempermudah akses siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu, tersedia juga Modul Belajar dengan UPDATE SOAL setiap tahunnya agar siswa lebih mantap lagi dalam mengasah soal-soal persiapan tes.

Bimbel PLC juga telah berhasil membawa banyak siswa untuk meraih prestasi dan cita-citanya, antara lain: PLC berhasil membantu 117 Siswanya LULUS Bintara Polri 2023, LULUS AKPOL 2023 sebanyak 4 orang, LULUS Kedinasan 2023 di berbagai instansi, CPNS, Siswa LULUS SNBT 2023 di berbagai Kampus Terbaik di Indonesia, dan masih banyak lagi.

Untuk kamu yang butuh persiapan tes secara maksimal, bimbingan belajar intensif, ayo bergabung bersama PLC Pekanbaru. Bersama PLC Pekanbaru, raih cita-citamu dari sekarang!

* Kumpulan Bimbel Polri: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-polri/

* Kumpulan Bimbel TNI: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-tni/

* Kumpulan Bimbel Kedinasan: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-kedinasan/

* Kumpulan Bimbel SD: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sd/

* Kumpulan Bimbel SMP: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-smp/

* Kumpulan Bimbel SMA: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sma/

* Kumpulan Bimbel Persiapan Masuk Kampus: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-masuk-kampus/

* Kumpulan Bimbel Lainnya: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-lainnya/

* Les Private AKPOL: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/akpol/

* Les Private Bintara Polri: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/bintara/

* Les Private SD: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sd/

* Les Private SMP: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/smp/

* Les Private SMA: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sma/

* Les Private Persiapan UTBK: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/persiapan-utbk/

* Les Private IPDN: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/ipdn/

* Les Private STAN: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/stan/

* Les Private CPNS: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/cpns/

* Fitur Belajar Online: https://www.plcpekanbaru.com/belajar-online/

* TryOut PREMIUM PLC: https://www.plcpekanbaru.com/tryout-nasional/

* Konsultasi PREMIUM PLC: https://www.plcpekanbaru.com/konsultasi-premium/

* Tes PSIKOTES PLC: https://psikotes.plcpekanbaru.com/dashboard/

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kami:

Website: www.plcpekanbaru.com

Instagram: https://instagram.com/plcpekanbaru?igshid=MmIzYWVlNDQ5Yg==

TikTok: www.tiktok.com/@plcpekanbaru

Youtube: https://youtube.com/@BIMBELPLCPEKANBARU

Shopee: https://shope.ee/3KxhsQJu2Z

Tokopedia: https://tokopedia.link/ZFRp9VAy7Bb

Paket Les Terkait
Share: