Pendaftaran Online POLINELA, Pendaftaran POLINELA, PMB POLINELA, Pendaftaran Mahasiswa Baru POLINELA, Pendaftaran POLINELA Jalur SNMPN - SBMPN - Mandiri - PMKAB - KIP Kuliah, Penerimaan Mahasiswa Baru POLINELA, Pendaftaran D3 D4 S2 POLINELA, Pendaftaran Kuliah Polinela, Pendaftaran Politeknik Negeri Lampung. 2025. 2026. Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran POLINELA 2023/2024 (Politeknik Negeri Lampung). Informasi ini ditujukan untuk para lulusan SLTA sederajat yang ingin kuliah di Politeknik Negeri Lampung, dan juga untuk lulusan Diploma yang ingin lanjut studi di POLINELA. Untuk mengetahui informasinya, langsung saja simak di bawah ini. Politeknik Negeri Lampung atau yang sering disebut dengan nama POLINELA adalah salah satu Politeknik Negeri yang ada di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan profesional / vokasi. Politeknik Negeri Lampung atau POLINELA, pada awalnya dikenal dengan nama Politeknik Pertanian Negeri Lampung dan resmi menyelenggarakan pendidikan tinggi secara mandiri dan menjadi salah satu bentuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Provinsi Lampung sejak tanggal 7 April 2001, berdasarkan SK. Mendiknas RI No. 036/O/2001 (Wikipedia). Adapun jurusan kuliah dan program studi yang ada di POLINELA yaitu sebagai berikut :

Jurusan Budidaya Tanaman Pangan, terdiri dari Program Studi :

  • D3. Produksi Tanaman Pangan
  • D3. Hortikultura
  • D4. Teknologi Perbenihan
  • D4. Teknologi Produksi Tanaman Hortikultura

Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan, terdiri dari Program Studi :

  • D3. Produksi Tanaman Perkebunan.
  • D4. Produksi dan Manajemen Industri Perkebunan.

Jurusan Teknologi Pertanian, terdiri dari Program Studi :

  • D3. Teknik Sumberdaya Lahan dan Lingkungan
  • D3. Mekanisasi Pertanian
  • D3. Teknologi Pangan
  • D4. Teknologi Rekayasa Kimia Industri
  • D4 Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan
  • D4 Pengembangan Produk Agroindustri

Jurusan Peternakan, terdiri dari Program Studi :

  • D3 Produksi Ternak
  • D3 Budidaya Perikanan
  • D3 Perikanan Tangkap
  • D4 Teknologi Produksi Ternak
  • D4 Teknologi Pembenihan Ikan

Jurusan Ekonomi dan Bisnis, terdiri dari Program Studi :

  • Agribisnis (D3)
  • Akuntansi (D3)
  • Manajemen Informatika (D3)
  • Perjalanan Wisata (D3)
  • Agribisnis Pangan (D4)
  • Akuntansi Perpajakan (D4)

Program Pascasarjana, terdiri dari Program Studi :

  • Magister Terapan Ketahanan Pangan
Itulah sekilas informasi mengenai kampus POLINELA. Bagi kalian yang berminat untuk kuliah di POLINELA, maka perlu untuk mengenal kampus ini dengan membaca informasi di atas. Selanjutnya, untuk yang ingin mendaftar kuliah di POLINELA, maka perlu untuk membaca informasi di bawah ini. Secara umum informasi yang akan disajikan terdiri dari jalur seleksi yang dibuka oleh POLINELA mulai dari jalur SNMPN, jalur PMKAB, jalur SBMPN, jalur Mandiri,  hingga jalur masuk program pascasarjana terapan. Kalian harus mencermati informasi penting serta melanjutkan bacaan pada artikel lanjutan yang diberikan. Untuk mengetahui informasinya, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

A. Pendaftaran POLINELA Jalur SNMPN

SNMPN atau Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri adalah jalur seleksi prestasi yang ditujukan bagi siswa-siswi berprestasi yang ingin masuk ke Politeknik Negeri di Indonesia yang salah satunya adalah POLINELA. Jalur ini hanya bisa diikuti oleh siswa berprestasi lulusan tahun ini. Bagi yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur seleksi SNMPN, maka bisa mengikuti jalur seleksi lainnya seperti jalur seleksi PMKAB, jalur SBMPN, jalur mandiri, dan lainnya yang dibuka oleh POLINELA. Nah, untuk pendaftaran jalur SNMPN diawali oleh kepala sekolah yang merekomendasikan siswa-siswi terbaiknya, kemudian mendaftar melanjutkan proses pendaftaran hingga finish. Adapun link pendaftaran SNMPN yaitu snmpn.politeknik.or.id
Informasi lebih lanjut baca pada artikel di bawah ini :
  • Petunjuk Pendaftaran SNMPN untuk Sekolah
  • Petunjuk Pendaftaran SNMPN untuk Siswa
  • Prosedur Pendaftaran SNMPN dari Awal hingga Akhir
Keterangan lain seperti persyaratan, jadwal, biaya, cara mendaftar, mekanisme seleksi, daftar Politeknik dan program studinya, serta lainnya dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran SNMPN Politeknik Negeri atau Pendaftaran SNMPN Online. Bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu namun memiliki prestasi akademik yang baik, maka dapat mengajukan diri untuk mendatkan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama KIP Kuliah.

B. Pendaftaran POLINELA Jalur PMKAB

Penelusuran Minat Kemampuan Akademik dan Bakat (PMKAB) merupakan seleksi jalur undangan atau non-undangan bagi calon peserta (siswa/i) yang akan melanjutkan pendidikan tinggi di Politeknik Negeri Lampung.  Jalur PMKAB diperuntukkan bagi siswa - siswa  SMA / SMK / MA / Sederajat yang sedang duduk di kelas XII dan lulus dari sekolah pada tahun ini. Seleksi jalur PMKAB dilakukan dengan didasarkan pada nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya seperti prestasi akademik dan non-akademik.

Syarat Pendaftaran :

  1. Siswa/i SMA / SMK / MA / Sederajat kelas 3 (XII) tahun pelajaran ini
  2. Umur maksimal 22 tahun
  3. Berjiwa dan berbadan sehat, dan tidak buta warna (didukung dengan Surat Keterangan Sehat dari Dokter).
  4. Warga Negara Asing. Bagi WNA harus dengan ijin Direktorat Jenderal Kelembagaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2007 tanggal 19 Juli 2007 tentang Persyaratan dan Prosedur bagi Warga Negara Asing untuk menjadi Mahasiswa pada Perguruan Tinggi di Indonesia.
  5. Mengikuti seluruh tahapan pendaftaran dan seleksi.

Ketentuan Seleksi :

Jalur PMKAB merupakan pola seleksi lokal berdasarkan penjaringan minat dan kemampuan akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya. Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam PMKAB adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

Mekanisme Seleksi :

  1. Proses dan berkas pendaftaran telah diselesaikan oleh pihak sekolah dan pendaftar
  2. Panitia melakukan seleksi tahap I (berkas pendaftar)
  3. Peserta yang lolos seleksi berkas wajib mengikuti seleksi Wawancara.

Tata Cara Pendaftaran Jalur PMKAB

Pendaftaran PMKAB dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:
  1. Sekolah menerima undangan PMKAB dari panitia lokal POLINELA. bagi sekolah yang tidak menerima undangan dan ingin berpartisipasi mendaftarkan siswa-siswinya di jalur penerimaan PMKAB dapat mengunduh dokumen PMKAB, dilaman http://pmb.polinela.jaraka.id/
  2. Siswa pendaftar melakukan pengisian formulir dan melengkapi berkas pendaftaran
  3. Berkas pendaftar dikirim ke panitia lokal PMB Politeknik Negeri Lampung.
  4. Siswa mengikuti seleksi yang diselenggarakan panitia lokal.

URL Pendaftaran

Website pendaftaran : http://pmb.polinela.jaraka.id

Proses Pengiriman Undangan hingga Daftar Ulang

Berikut proses pengiriman undangan, pendaftaran, seleksi, pengumuman, hingga daftar ulang :
  1. Pengiriman Undangan
  2. Pendaftaran / Penerimaan Berkas (Via POS)
  3. Pendaftaran / Penerimaan Berkas (Datang Langsung)
  4. Seleksi Tahap I (Validasi Berkas)
  5. Pengumuman Hasil Seleksi Tahap I
  6. Seleksi Tahap II (Wawancara)
  7. Pengumuman Hasil Seleksi Tahap II (Final)
  8. Registrasi Daftar Ulang

C. Pendaftaran POLINELA Jalur SBMPN

SBMPN atau Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri adalah jalur seleksi nasonal masuk k Politeknik Negeri yang ada di Indonesia yang salah satunya adalah POLINELA. Jalur ini seleksinya didasarkan pada hasil tes, dan kemungkinan juga ada seleksi wawancara pada program studi tertentu. Bagi yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur sebelumnya, maka bisa mengikuti jalur SBMPN ini tentunya dengan memenuhi semua persyaratan dan mengikuti prosedur yang telah ditentukan. Untuk pendaftaran SBMPN dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resmi SBMPN yaitu sbmpn.politeknik.or.id Penjelasan lebih lanjut mengenai SBMPN dapat ditemukan pada artikel pendaftaran SBMPN Politeknik Negeri yang membahas tentang persyaratan, jadwal, biaya, cara mendaftar, pilihan program studi, pilihan politeknik negeri, dan lainnya. Untuk calon mahasiswa dari keluarga yang memiliki keterbatasan ekonomi, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah yang dikenal dengan nama KIP Kuliah. Baca informasi selengkapnya Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SBMPN.

D. Pendaftaran POLINELA Jalur Mandiri

Jalur mandiri Polinela adalah jalur seleksi yang dibuka oleh POLINELA untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang berkualitas dengan menggunakan hasil seleksi ujian tulis / portofolio, dan seleksi wawancara. Adapun ketentuan pendaftaran jalur mandiri Polinela dapat dibaca di bawah ini.

Syarat Pendaftaran

  1. Lulusan SMA / SMK / MA / Sederajat yang sesuai dengan Jurusan atau bidang studi yang sesuai dengan Program Studi Pilihan
  2. Umur maksimal 22 tahun
  3. Berjiwa dan berbadan sehat, dan tidak buta warna. (didukung dengan Surat Keterangan Sehat dari Dokter). Pengecekan kesehatan dan buta warna akan dilakukan pada saat tahap wawancara, apabila terbukti buta warna maka yang bersangkutan dinyatakan GUGUR.
  4. Bagi WNA harus dengan ijin Direktorat Jenderal Kelembagaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2007 tanggal 19 Juli 2007 tentang Persyaratan dan Prosedur bagi Warga Negara Asing untuk menjadi Mahasiswa pada Perguruan Tinggi di Indonesia.
  5. Memiliki email pribadi. Email (surel) pribadi yang digunakan harus email aktif, karena informasi tentang pendaftaran dan tahapan pendaftaran akan dikirimkan ke email pendaftar.
  6. Memiliki User Akun Pendaftaran Online. User akun pendaftaran online didapatkan dengan cara melakukan registrasi pendaftaran user akun pada laman ini. Hanya jika jalur penerimaan mahasiswa baru (SBMPN / MANDIRI) Politeknik Negeri Lampung telah aktif (dibuka).
  7. Membayar Biaya Pendaftaran sesuai ketentuan. Pembayaran dilakukan dengan cara mentransfer biaya pendaftaran ke BANK BNI 46 cabang Malahayati, Nomor Rekening 71059905 atas nama Politeknik Negeri Lampung Informasi lengkap pembayaran biaya pendaftaran akan Anda dapatkan setelah Anda login ke sistem pendaftaran online untuk pertama kali (tahap inisialisasi).
  8. Melakukan Registrasi Data Pendaftaran Online. Pendaftar wajib melakukan dan menyelesaikan setiap tahapan registrasi data pendaftaran online pada layanan pendaftaran online.
  9. Mengikuti Seluruh Tahapan Seleksi. Pendaftar wajib mengikuti dan menyelesaikan setiap tahapan seleksi pendaftaran mahasiswa baru yang telah ditentukan.

Tata Cara Pendaftaran

Tata cara pendaftaran jalur mandiri dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut:
  1. Pendaftar melakukan pendaftaran user akun pendaftaran, di laman sistem pendaftaran online yang dibuka di http://pmb.polinela.jaraka.id/
  2. Login ke sistem pendaftaran online, menggunakan user akun yang telah didapat
  3. Menyelesaikan tahap inisialisasi program studi pilihan dan registrasi pembayaran biaya pendaftaran
  4. Menyelesaikan seluruh proses pada tahap registrasi data dan melakukan verifikasi pendaftaran.
  5. Memonitoring informasi pendaftaran dan mengunduh dokumen terkait pendaftaran (formulir online).
  6. Pendaftar mengikuti seleksi yang diselenggarakan panitia lokal

Proses Pendaftaran hingga Daftar Ulang

Berikut proses pendaftaran, seleksi, pengumuman, hingga daftar ulang :
  1. Registrasi Pendaftaran Online
  2. Seleksi Tahap I (Portofolio / Ujian Tulis)
  3. Pengumuman Hasil Seleksi Tahap I
  4. Seleksi Tahap II (Wawancara)
  5. Pengumuman Hasil Seleksi Tahap II (Final)
  6. Registrasi Daftar Ulang

Informasi Tambahan :

Jika dibuka, akan ada penyaluran bantuan biaya pendidikan bagi keluarga kurang mampu yang juga memiliki potensi akademik yang baik. Bantuan tersebut dikenal dengan nama KIP Kuliah. Dalam hal ini KIP Kuliah akan disalurkan melalui seleksi jalur mandiri Politeknik (jika dibuka)

E. Pendaftaran KIP Kuliah

KIP Kuliah adalah pengganti dari Bidikmisi yaitu program pemberian bantuan biaya pendidikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang juga memiliki potensi akademik baik.
Penyaluran KIP Kuliah di POLINELA melalui jalur SNMPN, SBMPN, dan Mandiri (jika dibuka). Pendaftaran KIP Kuliah melalui link kip-kuliah.kemdikbud.go.id Pahami informasi lebih lanjut seperti persyaratan, jadwal, biaya, cara mendaftar, ketentuan-ketentyan, dan lainnya.

F. Pendaftaran POLINELA Jalur SPBSPL

Seleksi Program Beasiswa Sumberdaya Pertanian Lampung (SPBSPL) adalah program beasiswa yang disediakan dan diberikan oleh Pemerintah Provinsi Lampung kepada putra/i petani/nelayan/penyuluh berprestasi dan kurang mampu untuk dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi vokasi dibidang Pertanian di Politeknik Negeri Lampung. Seleksi jalur SPBSPL didasarkan pada mekanisme pendaftaran, penjaringan kemampuan akademik (nilai rapor/ijazah dan prestasi lain) dan seleksi lainnya.

Syarat Pendaftaran

  1. Lulusan SMA / SMK / MA Sederajat yang telah lulus 3 tahun terakhir termasuk untuk lulusan tahun ini
  2. SMA / MA Jurusan IPA atau SMK dengan Jurusan yang sesuai dengan program studi yang dipilih
  3. foto copy Ijazah dilegalisir sebanyak 2 (dua) rangkap bagi lulusan sebelum tahun ini.
  4. foto copy rapor kelas 1, 2, dan 3 yang dilegalisir sebanyak 2 (dua) rangkap bagi lulusan tahun ini.
  5. Pas foto berwarna ukuran 3x4 dan 4x6; masing-masing sebanyak 2 (dua) buah
  6. Orang tua calon mahasiswa memiliki Kartu Petani Berjaya (KPB)
  7. Melakukan registrasi pendaftaran secara online
  8. Mengunduh, mengisi dan melengkapi dokumen/berkas formulir yang disyaratkan
  9. Mengikuti seluruh tahapan pendaftaran dan proses seleksi

Tata Cara Pendaftaran

Tata cara pendaftaran beasiswa Pemerintah Propinsi Lampung dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut:
  1. Peserta mengisi formulir secara online
  2. Mengunduh dan melengkapi berkas dokumen terkait pendaftaran
  3. Menyerahkan berkas pendaftaran kepada Penyuluh Kecamatan/Kabupaten
  4. Pengiriman berkas (kolektif) dari penyuluh Kecamatan / Kabupaten ke Panitia PMB
  5. Seleksi Berkas
  6. Peserta mengikuti tahapan seleksi (jadwal terlampir)

Proses Pendaftaran hingga Daftar Ulang

Berikut proses pendaftaran, seleksi, pengumuman, hingga daftar ulang :
  1. Pendaftaran Calon mahasiswa secara online
  2. Pengumpulan berkas secara kolektif
  3. Pengumuman Seleksi Berkas / fortofolio
  4. Ujian Tertulis
  5. Pengumuman hasil ujian tertulis
  6. Seleksi Wawancara
  7. Penetapan dan Pengumuman Hasil Seleksi (Final)

G. Pendaftaran POLINELA Program Pascasarjana

Jalur masuk program pascasarjana POLINELA dikenal dengan nama SMPT atau Seleksi Masuk Pascasarjana Terapan.

Syarat Pendaftaran

  1. Masyarakat umum / PNS / Swasta yang memiliki ijazah sarjana D4 / S1
  2. Bagi WNA harus dengan ijin Direktorat Jenderal Kelembagaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2007 tanggal 19 Juli 2007 tentang Persyaratan dan Prosedur bagi Warga Negara Asing untuk menjadi Mahasiswa pada Perguruan Tinggi di Indonesia.
  3. Mengikuti seluruh tahapan pendaftaran dan seleksi

Tata Cara Pendaftaran

Tata cara pendaftaran SMPT Polinela dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut:
  1. Pendaftar melakukan pendaftaran user akun pendaftaran di laman pendaftaran yang dibuka atau datang langsung pada sekretariat panitia pendaftaran SMPT Polinela di kampus Polinela Jl. Soekarno Hatta Rajabasa Bandar Lampung.
  2. Pendaftar melakukan registrasi pembayaran biaya pendaftaran pada BANK tujuan yang telah ditentukan.
  3. Pendaftar melengkapi dan menyelesaikan seluruh tahapan pengisian borang pendaftaran pada layanan registrasi.
  4. Pendaftar melengkapi dan menyelesaikan seluruh tahapan pengisian borang pendaftaran pada layanan registrasi pendaftaran online, dan mengunduh dokumen terkait apabila melakukan pendaftaran online.
  5. Pendaftar mengikuti proses wawancara sesuai dengan jadwal pelaksanaan yang ditetapkan

H. Pendaftaran Polinela Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Polinela turut serta dalam membuka jalur seleksi SNMPTN dan SBMPTN untuk menerima calon mahasiswa yang memiliki program studi pada jenjang Diploma 4 / Sarjana Terapan. Jalur SNMPTN dibuka untuk menerima siswa-siswi lulusan SLTA tahun ini yang berprestasi. Sedangkan jalur SBMPTN dibuka untuk siswa-siswi lulusan SLTA lulusan 3 tahun terakhir yang seleksinya didasarkan pada hasil tes UTBK.

Informasi lebih lanjut dapat dibaca pada artikel berikut :

  • Pendaftaran SNMPTN
  • Pendaftaran UTBK SBMPTN
Itulah beberapa jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang dibuka oleh POLINELA. Silahkan kalian pilih salah satu jalur seleksi yang diperkiraan memiliki peluang untuk lulus paling besar.

Yuk Beli Buku Akademik dan Psikologi Akpol, untuk link shopee berikut : PLC Pekanbaru

***

Bimbel PLC Pekanbaru merupakan Bimbel Kedinasan terbaik di Pekanbaru. Bimbel PLC menyediakan berbagai program pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa mulai dari Les Bebas, Les Kelas, Les Private, Les Akademik & Psikologi, Les Jasmani, hingga Les Persiapan selama 1 tahun.

 

Bimbel PLC Pekanbaru memanfaatkan teknologi terkini dalam proses pembelajaran, seperti penggunaan Aplikasi PLC Siswa untuk mendukung pembelajaran, simulasi tes berbasis CAT, Les Online dan TryOut Online melalui aplikasi, fitur pembahasan soal secara GRATIS, sehingga mempermudah akses siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu, tersedia juga Modul Belajar dengan UPDATE SOAL setiap tahunnya agar siswa lebih mantap lagi dalam mengasah soal-soal persiapan tes.

 

Bimbel PLC juga telah berhasil membawa banyak siswa untuk meraih prestasi dan cita-citanya, antara lain: PLC berhasil membantu 117 Siswanya LULUS Bintara Polri 2023, LULUS AKPOL 2023 sebanyak 4 orang, LULUS Kedinasan 2023 di berbagai instansi, CPNS, Siswa LULUS SNBT 2023 di berbagai Kampus Terbaik di Indonesia, dan masih banyak lagi.

 

Untuk kamu yang butuh persiapan tes secara maksimal, bimbingan belajar intensif, ayo bergabung bersama PLC Pekanbaru. Bersama PLC Pekanbaru, raih cita-citamu dari sekarang!

 

* Bimbel Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-polri/

* Bimbel TNI Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-tni/

* Bimbel Kedinasan Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-kedinasan/

* Bimbel SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sd/

* Bimbel SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-smp/

* Bimbel SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sma/

* Bimbel Persiapan Masuk Kampus Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-masuk-kampus/

* Bimbel Lainnya Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-lainnya/

* Les Private AKPOL Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/akpol/

* Les Private Bintara Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/bintara/

* Les Private SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sd/

* Les Private SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/smp/

* Les Private SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sma/

* Les Private Persiapan UTBK Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/persiapan-utbk/

* Les Private IPDN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/ipdn/

* Les Private STAN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/stan/

* Les Private CPNS Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/cpns/

* Fitur Belajar Online Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/belajar-online/

* TryOut PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/tryout-nasional/

* Konsultasi PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/konsultasi-premium/

* Tes PSIKOTES PLC Terbaik di Pekanbaru: https://psikotes.plcpekanbaru.com/dashboard/

 

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kami:

 

Website: www.plcpekanbaru.com

Instagram: https://instagram.com/plcpekanbaru?igshid=MmIzYWVlNDQ5Yg==

TikTok: www.tiktok.com/@plcpekanbaru

Youtube: https://youtube.com/@BIMBELPLCPEKANBARU

Shopee: https://shope.ee/3KxhsQJu2Z

Tokopedia: https://tokopedia.link/ZFRp9VAy7Bb

Buku Terkait
Share:

Tags: Umum