Pendaftaran STIN, PMB STIN, Pendaftaran Online STIN, Tes Masuk STIN, Penerimaan Taruna Ikatan Dinas Baru STIN, Registrasi Taruna STIN, Persyaratan Pendaftaran STIN, Jadwal Pendaftaran STIN, Tanggal Pendaftaran STIN, Cara Pendaftaran Taruna Baru STIN, Pendaftaran Kuliah Ikatan Dinas di STIN, Biaya Masuk STIN, www.stin.ac.id Pendaftaran. 2024. 2025.Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran STIN 2022/2023 (Jadwal, Syarat, Cara Daftar, dll). Informasi ini disampaikan untuk kalian yang berkeinginan untuk menjadi calon taruna STIN di tahun ini. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini. Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau dikenal dengan nama STIN adalah perguruan tinggi kedinasan yang menyelenggarakan pendidikan di bidang intelijen yang bernaung di bawah Badan Intelijen Negara (BIN).

Pada awalnya, STIN bernama Institut Intelijen Negara yang peresmian berdirinya dilaksanakan pada 9 Juli 2003. Tahun 2004 dimulai kuliah perdana dan IIN berubah menjadi STIN. Sesuai UU 17/2011 bahwa alumni STIN menjadi sumber utama Sumber Daya Manusia (SDM) di BIN. Jadi, nantinya lulusan dari STIN dapat langsung bekerja di BIN. Ini tentunya sangat menarik sekali, lulus kuliah langsung kerja. STIN yang berstatus sebagai sekolah ikatan dinas tentu sangat diminati oleh siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Ketika diterima di STIN, maka bisa kuliah dengan gratis, serta mendapatkan uang saku sesuai ketentuan, dan setelah lulus bisa langsung bekerja di BIN.

Keunggulan-keunggulan tersebut jangan sampai disia-siakan. Silahkan persiapkan diri kalian agar bisa bersaing dengan lainnya dalam proses seleksi masuk ke STIN. Cukup banyak pesaing yang harus dikalahkan. Jika kalian mampu menjadi yang terbaik, maka akan diterima menjadi taruna baru STIN. Untuk itu, persiapkan diri kalian sebaik mungkin agar harapan kalian diterima sebagai taruna baru STIN dapat terwujudkan. Admin turut mendoakan yang terbaik untuk kalian semua.

Program Studi :

Program Studi Agen Intelijen, dan Program Studi Analisis Intelijen

A. Persyaratan Pendaftaran

1. Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.
  2. Tidak pernah terlibat tindak pidana
  3. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  4. Berpendidikan minimal SMA/SMK/MA (bukan lulusan paket C) dengan ketentuan : Lulusan SMA/SMK/MA tahun 2020 dan 2021, nilai rata-rata ijazah minimal 80 (delapan puluh). Bagi lulusan SMA/SMK/MA tahun 2022, nilai rata-rata rapor semester 1 s/d semester 5 minimal 75 (tujuh puluh lima)
  5. Belum pernah menikah dan bersedia tidak menikah selama masa pendidikan
  6. Belum pernah melahirkan (perempuan) dan belum pernah punya anak biologis (laki-laki)
  7. Tidak bertato dan/atau memiliki bekas tato
  8. Tidak bertindik dan / atau memiliki bekas tindik pada bagian tubuh yang tidak lazim (perempuan)
  9. Tidak bertindik dan/atau memiliki bekas tindik pada bagian tubuh manapun (laki-laki)
  10. Sehat jasmani, rohani dan tidak pernah mengalami patah tulang
  11. Apabila berkacamata, maksimal ukuran 1 baik + (plus) atau - (minus)
  12. Tidak buta warna
  13. Tinggi badan minimal (berat badan seimbang menurut ketentuan berlaku) : Putra : 165 cm, dan Putri : 160 cm
  14. Usia pada tanggal 31 Desember 2022 serendah-rendahnya 16 tahun dan tidak lebih dari 21 tahun (dibuktikan dengan Akte Kelahiran / Surat Keterangan Lahir)
  15. Mendapatkan persetujuan orangtua atau wali yang dibuktikan dengan surat pernyataan orangtua / wali
  16. Peserta seleksi penerimaan Taruna/i STIN tidak dipungut biaya kecuali biaya mengikuti SKD

2. Persyaratan Administrasi

  1. Surat Izin Orang Tua/Wali.
  2. Fotocopy ijazah untuk lulusan 2020 dan 2021
  3. Surat keterangan lulus dari sekolah bagi lulusan tahun 2022.
  4. Pas Foto dengan ketentuan : - Pasfoto 4x6 (1buah) :Putra latar Merah dan Putri latar Biru -Foto berwarna seluruh badan ukuran postcard (Pakaian Putih dengan bawahan hitam bahan) tampak depan, tampak samping kanan kiri dan tampak belakang
  5. Fotocopy Akta Kelahiran/Surat Keterangan Kelahiran / Kenal Lahir, Kartu Keluarga (KK) dan Kartu BPJS

B. Alur Pendaftaran

  1. Calon Taruna/i mendaftar secara online di laman Dikdin SSCASN : https://dikdin.bkn.go.id
  2. Kemudian membuat akun SSCASN Sekolah Kedinasan
  3. Selanjutnya login ke SSCASN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan NIK dan Password yang telah didaftarkan
  4. Kemuian memilih Sekolah Kedinasan dan mengisi biodata serta menggungah dokumen persyaratan administrasi
  5. Selesaikan pendaftaran dengan mengecek resume dan mencetak bukti pendaftaran
  6. Verifikasi dokumen persyaratan administrasi pendaftaran yang telah diunggah di laman https://dikdin.bkn.go.id. Pengumuman hasil verifikasi dokumen persyaratan administrasi pendaftaran dapat dilihat dilaman tersebut.
  7. Pelamar yang memenuhi syarat verifikasi dokumen persyaratan adminisitrasi pendaftaran melakukan pembayaran PNBP Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sesuai kode billing

C. Tahapan Seleksi dan Lokasi Tes

Tahapan seleksi STIN yaitu :

Tahapan seleksi STIN dimulai dengan seleksi administrasi, kemudian dilanjutkan dengan Tes SKD, Tes Psikologi, Tes Kesehatan Fisik Dan Jiwa, Tes Kesamaptaan Jasmani, Tes MI dan Wawancara, Serta Pantukhir.

Info :

Ketentuan Lebih Lanjut Tentang Tiap Tes Akan Diinfokan Setelah Lulus Seleksi Administrasi Jadwal seleksi akan diinfokan di Website, silahkan untuk selalu cek

Lokasi Tes / Seleksi :

Seleksi dilaksanakan di 14 lokasi. Peserta seleksi dapat memilih lokasi seleksi sesuai tempat yang telah ditentukan, sebagai berikut:

  1. Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara.
  2. Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.
  3. Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.
  4. Kota Jakarta, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.
  5. Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.
  6. Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
  7. Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.
  8. Kota Denpasar, Provinsi Bali.
  9. Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.
  10. Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.
  11. Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara.
  12. Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.
  13. Kota Sorong, Provinsi Papua Barat.
  14. Kota Jayapura, Provinsi Papua.

D. Jadwal Pendaftaran STIN

Pendaftaran STIN dilakukan bersamaan dengan perguruan tinggi ikatan dinas lainnya. Jadwal Pendaftaran tahun selengkapnya dapat dilihat pada artikel : Jadwal Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas

E. Apakah ada Biaya Selama Seleksi?

Tidak Ada Biaya Seleksi, kecuali Tes SKD Sebesar Rp. 50,000 (sesuai Peraturan Pemerintah)

F. Lain-lain

  • Selama mengikuti seleksi penerimaan calon Taruna STIN, Tidak dipungut biaya apapun;
  • Keputusan Panitia Seleksi tidak dapat diganggu gugat;
  • Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Panitia Penerimaan Calon Taruna STIN tahun ini
  • Dalam proses penerimaan Taruna – Taruni ini, tidak diadakan surat menyurat dan tidak ada dispensasi dalam bentuk apapun;
  • Apabila pelamar memberikan keterangan atau data yang tidak benar, dan di kemudian di ketahui, baik pada setiap tahapan tes/ujian, maupun setelah menjadi taruna, Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) berhak membatalkan kelulusan Penerimaan Taruna Baru (PTB) dan atau mengeluarkan yang bersangkutan dari pendidikan;
  • Segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan Penerimaan Taruna Baru (PTB) Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) akan diinformasikan melalui Website resmi https://stin.ac.id ;

Pelayan Hotline, informasi dan pengaduan dibuka mulai pukul 08.00-17.00 WIB, melalui :   0251-8271471 / 0251-8271 479   - E-mail : info@stin.ac.id

Yuk Beli Buku Akademik dan Psikologi Akpol, untuk link shopee berikut : PLC Pekanbaru

***

Bimbel PLC Pekanbaru merupakan Bimbel STIN terbaik di Pekanbaru. Bimbel PLC menyediakan berbagai program pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa mulai dari Les Bebas, Les Kelas, Les Private, Les Akademik & Psikologi, Les Jasmani, hingga Les Persiapan selama 1 tahun.

 

Bimbel PLC Pekanbaru memanfaatkan teknologi terkini dalam proses pembelajaran, seperti penggunaan Aplikasi PLC Siswa untuk mendukung pembelajaran, simulasi tes berbasis CAT, Les Online dan TryOut Online melalui aplikasi, fitur pembahasan soal secara GRATIS, sehingga mempermudah akses siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu, tersedia juga Modul Belajar dengan UPDATE SOAL setiap tahunnya agar siswa lebih mantap lagi dalam mengasah soal-soal persiapan tes.

 

Bimbel PLC juga telah berhasil membawa banyak siswa untuk meraih prestasi dan cita-citanya, antara lain: PLC berhasil membantu 117 Siswanya LULUS Bintara Polri 2023, LULUS AKPOL 2023 sebanyak 4 orang, LULUS Kedinasan 2023 di berbagai instansi, CPNS, Siswa LULUS SNBT 2023 di berbagai Kampus Terbaik di Indonesia, dan masih banyak lagi.

 

Untuk kamu yang butuh persiapan tes secara maksimal, bimbingan belajar intensif, ayo bergabung bersama PLC Pekanbaru. Bersama PLC Pekanbaru, raih cita-citamu dari sekarang!

 

* Bimbel Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-polri/

* Bimbel TNI Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-tni/

* Bimbel Kedinasan Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-kedinasan/

* Bimbel SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sd/

* Bimbel SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-smp/

* Bimbel SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sma/

* Bimbel Persiapan Masuk Kampus Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-masuk-kampus/

* Bimbel Lainnya Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-lainnya/

* Les Private AKPOL Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/akpol/

* Les Private Bintara Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/bintara/

* Les Private SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sd/

* Les Private SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/smp/

* Les Private SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sma/

* Les Private Persiapan UTBK Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/persiapan-utbk/

* Les Private IPDN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/ipdn/

* Les Private STAN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/stan/

* Les Private CPNS Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/cpns/

* Fitur Belajar Online Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/belajar-online/

* TryOut PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/tryout-nasional/

* Konsultasi PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/konsultasi-premium/

* Tes PSIKOTES PLC Terbaik di Pekanbaru: https://psikotes.plcpekanbaru.com/dashboard/

 

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kami:

 

Website: www.plcpekanbaru.com

Instagram: https://instagram.com/plcpekanbaru?igshid=MmIzYWVlNDQ5Yg==

TikTok: www.tiktok.com/@plcpekanbaru

Youtube: https://youtube.com/@BIMBELPLCPEKANBARU

Shopee: https://shope.ee/3KxhsQJu2Z

Tokopedia: https://tokopedia.link/ZFRp9VAy7Bb

Buku Terkait
Paket Les Terkait
Share:

Tags: Umum