Halo, apakah kamu pejuang PTN 2023? Pastinya saat ini kamu sedang mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa lolos dan diterima masuk perguruan tinggi impian kamu.

Seperti yang kita tahu, sebelumnya kementerian pendidikan telah menyampaikan perubahan seleksi masuk PTN, untuk jalur SNMPTN, UTBK dan Ujian Mandiri.

Bagi kamu yang akan menempuh jalur UTBK 2023 nanti mungkin masih bingung dan banyak pertanyaan mengenai perubahan tersebut, seperti apa saja sih tes SBMPTN 2023? Apakah TKA dihapus? Tes Bakat Skolastik meliputi apa saja, dan pastinya masih banyak lagi.

Nah, kamu nggak usah bingung ya, karena pada artikel ini akan berikan informasi lengkapnya. Yuk, simak sama-sama!

Apa yang berubah di UTBK tahun depan?

Kamu pasti sudah tahu dong kelompok ujian pada UTBK tahun 2022 ke belakang secara umum terbagi dalam dua kelompok ujian, yaitu: Tes Kemampuan Akademik (TKA) yang berfokus pada mata pelajaran, dan Tes Potensi Skolastik (TPS) yang berfokus pada logika, kemampuan bernalar, dan pengolahan informasi untuk pemecahan suatu masalah.

Nah, di tahun ini, Kemendikbud Ristek mengubah cakupan ujian UTBK untuk hanya berfokus pada Tes Skolastik saja. Tidak ada lagi TKA atau ujian berbasis mata pelajaran di UTBK 2023. Pemerintah ingin membuat tes seleksi ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lebih adil dan tidak memberatkan bagi Kamu dengan rumus-rumus dan hafalan.

Kalau disimpulkan, mereka yang sukses di UTBK tahun 2023 adalah mereka yang memiliki logika yang kuat dalam mencerna dan mengolah informasi pada teks, mengidentifikasi masalah yang timbul, serta mampu bernalar untuk menemukan solusi.

Supaya lebih paham, kamu bisa perhatikan contoh perbedaan UTBK terdahulu dan UTBK yang sekarang pada tabel di bawah ini:

  UTBK terdahulu UTBK sekarang

Yang kamu persiapkan

Menghafal teori tentang Gizi dan Pencernaan Manusia pada mata pelajaran Biologi Membiasakan mencerna dan mengolah informasi secara kritis pada teks

Yang ditanyakan dalam soal

Secara biologis, penderita intoleran susu tidak bisa mengkonsumsi susu, karena…

  1. Laktosa
  2. Glukosa
  3. Sukrosa
  4. Fruktosa
  5. Galaktosa

Secara biologis, penderita intoleran susu tidak bisa mengkonsumsi susu, karena kandungan laktosa yang tinggi. Penderita tetap bisa mengkonsumsi susu bubuk dengan kadar laktosa rendah atau yang sudah terfermentasi (misalnya, yoghurt).

Temanmu, Ari, sering terserang diare apabila mengkonsumsi susu, meskipun sebenarnya ia suka rasanya. Apa saran yang terbaik untuk kamu berikan pada Ari?

Fokus soal

Menguji hafalan konsep yang kamu kuasai sebelum ujian (konseptual) Menguji kemampuan kamu memahami informasi pada teks (kritikal)

Cara menjawab soal

Kamu harus hafal dulu teorinya, baru bisa menjawab.

Nggak hafal teori tak jadi masalah, karena dibahas di teks pada soal, secara tersurat dan tersirat.

Nah, kamu harus benar-benar teliti mencerna informasinya.

Kerasa kan bedanya? Di satu sisi, kita nggak perlu berjibaku dan memaksa hafal semua lembar teori dan rumus di buku-buku sekolah. Tapi di lain sisi, kita juga dituntut untuk bisa kritis dalam membaca dan merespon suatu masalah.

So, penting banget berlatih untuk mengasah logika dan kemampuan bernalar kita nih, Kamu!

Apa saja materi yang diujikan di UTBK?

Dilansir dari kanal YouTube Kemdikbud Ristek, Tes Skolastik pada UTBK di tahun depan akan memiliki 4 subtes.

Sebagai perbandingan, berikut daftar subtes Tes Skolastik yang dulu dan sekarang:

Subtes di Tes Skolastik UTBK
yang dulu:
Subtes di Tes Skolastik UTBK
yang sekarang:
  1. Penalaran Umum
  2. Pemahaman Bacaan dan Menulis
  3. Pemahaman Kuantitatif
  4. Pengetahuan dan Pemahaman Umum
  5. Bahasa Inggris
  1. Potensi Kognitif
  2. Penalaran Matematika
  3. Literasi dalam Bahasa Indonesia
  4. Literasi dalam Bahasa Inggris

Dari beberapa subtes di atas, ada tiga kata kunci yang penting banget untuk kamu perhatikan Kamu.

Kognitif/kognisi

Berhubungan dengan keterampilan seseorang dalam memperoleh dan menggunakan informasi atau pengetahuan. Siswa yang potensi kognitifnya baik adalah mereka yang luwes ketika berinteraksi dengan informasi yang dikemas dalam suatu teks atau peristiwa.

Mereka bisa menemukan, menghubungkan, memaknai, dan menilai informasi sesuai dengan instruksi yang diberikan. Eits, tapi jangan dikira, teks/peristiwa di sini artinya sama dengan paragraf-paragraf yang biasa kamu jumpai di soal Bahasa Indonesia saja, ya. Sebagai stimulus, teks/peristiwa bisa muncul dalam bentuk yang berbeda-beda; bisa jadi berbentuk angka, grafik, gambar/visual, dan lain-lain.

Penalaran

Berhubungan dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, dan sesuai prinsip yang digunakan. Biasanya di sini kamu akan diuji untuk bisa menganalisis, memprediksi, dan membuat kesimpulan berdasarkan informasi yang ada. Kalian harus bisa secara cermat melihat pola, data, dan kebenaran pada teks agar kesimpulan yang kalian pilih bersifat logis dan berlandaskan fakta.

Intinya, dalam membuat kesimpulan, siswa yang bernalar dengan baik.

Literasi

Sudah pasti berhubungan erat dengan kemampuan membaca dan menulis, bagaimana cara kita mencerna ilmu dan menguraikannya kembali menggunakan bahasa kita. Tapi, cakupan literasi nggak berhenti sampai disitu saja.

Literasi juga mencakup kemampuan kita dalam mengolah informasi untuk kecakapan yang penting dalam hidup kita. Makanya, kita mengenal istilah literasi sains, digital, finansial, dan lain-lain.

Contoh, nih. Sesuai namanya, literasi sains adalah kemampuan kita dalam mengolah informasi berbasis pengetahuan alam untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk menjaga lingkungan. Jadi, literasi di sini bukan tentang bahasanya saja ya.

Siswa yang terampil literasi Bahasa Inggris bukan berarti mereka yang udah jagoan dalam hal grammar dan tenses semata, melainkan yang bisa memperoleh informasi dengan saksama di dalam kandungan bahasa tersebut.

Dari penjelasan di atas, sebenarnya tiga kata kunci tadi tidak hanya muncul di UTBK saja, lho. Semua sangat erat hubungannya dengan tujuan besar yang terkandung dalam Kurikulum Merdeka dan penerapan Asesmen Nasional melalui Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) baik Literasi dan Numerasi juga.

Contoh soal dan materi untuk masing-masing sub tes

Berikut ini adalah contoh soal untuk subtes baru yang sudah diberikan oleh Kemendikbud Ristek:
Contoh soal potensi kognitif

contoh soal potensi kognitif
Contoh soal potensi kognitif, sumber quipper.com

Pada contoh soal di atas, Kamu diminta untuk membuat kesimpulan yang benar dari informasi yang terkemas pada teks. Tidak diminta pakai rumus, tidak pula teori.

Apabila kita cermati, jenis soal seperti ini mirip dengan topik Penalaran Umum di UTBK terdahulu, tepatnya topik Penalaran Analitik: Urutan.

Contoh soal Penalaran Matematika

contoh soal penalaran matematika utbk 2023
Contoh soal penalaran matematika, sumber quipper.com

Pada contoh soal di atas, terdapat tabel dan grafik. Untuk menjawab soal tersebut kamu tidak perlu menggunakan rumus, kamu cukup mencermati dan memaknai informasi di tabel dan grafik saja. ini mirip dengan beberapa topik: Silogisme dan/atau Perbandingan dalam Selisih.

Bahkan mirip juga dengan topik Pemahaman Visual.

Contoh soal Literasi Bahasa Indonesia

contoh soal literasi bahasa indonesia utbk 2023
Contoh soal literasi bahasa indonesia, sumber quipper.com

Nah, yang namanya literasi, sudah pasti akan ada teks ya. Sudah pasti kamu harus terbiasa dengan membaca. Kalau dilihat dari instruksi soalnya, kamu diminta untuk membuat kesimpulan yang tepat. Tapi ada yang unik, nih. Alih-alih menyimpulkan informasi, kamu diminta untuk memberikan saran kepada teman dalam konteks percakapan sehari-hari.

Bisa diperhatikan juga, pilihan jawabannya tidak semuanya 100% salah. Sepertinya terdapat beberapa opsi yang ada nilai benarnya.

Nah, di sinilah keterampilan literasi diuji. Kamu harus memberikan penilaian terhadap masing-masing pilihan jawaban dan menentukan informasi yang paling berbobot terhadap suatu kebenaran.

Contoh soal Literasi Bahasa Inggris

contoh soal literasi bahasa inggris utbk 2023
Contoh soal literasi bahasa inggris, sumber quipper.com

Pada contoh soal literasi bahasa inggris di atas tidak ada tanda-tanda pertanyaan tentang tata bahasa atau grammar. Sama seperti soal literasi dalam Bahasa Indonesia sebelumnya, soal ini menitikberatkan pada kemampuan menilai suatu informasi. Bunyi pertanyaannya adalah temuan apa yang termasuk paling penting.

Tandanya, kamu wajib banget terampil dalam membuat sintesis, informasi apa yang menjadi ide utama (main idea) dan mana yang menjadi pendukung saja.

Prediksi Subtes yang Keluar di UTBK

Berikut adalah prediksi beberapa topik di setiap subtes yang akan keluar di UTBK 2023:

Subtes Topik yang diprediksi akan muncul
Potensi Kognitif
  1. Pernyataan Benar atau Salah
  2. Penalaran Analitik
  3. Pemahaman Visual
Keterampilan Matematika
  1. Silogisme
  2. Perbandingan
  3. Statistika dan Peluang
Literasi dalam Bahasa Indonesia
  1. Gagasan
  2. Interpretasi Teks
  3. Sikap dan Opini Penulis
Literasi dalam Bahasa Inggris
  1. Topic and Main Idea
  2. Purpose of the Passage
  3. Author’s Attitude and Opinion

Apakah tandanya TKA sudah tidak perlu dipelajari lagi?

Meskipun UTBK sudah tidak menguji mata pelajaran lagi, kamu tetap harus belajar mata pelajaran dengan serius, ya. Apabila kamu memahami mata pelajaran dengan baik, kemampuan skolastik kamu juga pasti ikut terlatih, kok. Jadi tidak ada salahnya bagi kamu yang duduk di kelas 12 juga tetap mendalami materi mata pelajaran, sekalian persiapan untuk ujian sekolah seperti Penilaian Akhir Semester (PAS) atau Ujian Satuan Pendidikan (USP).

Apalagi untuk yang masih duduk di kelas 10 dan 11, SNMPTN dan Seleksi Jalur Mandiri, masih sangat berhubungan dengan nilai mata pelajaran juga. Selain itu, jangan lupa, UTBK itu hanya seleksi masuk; setelahnya, kamu tetap akan belajar tentang materi pelajaran juga.

Tips jitu untuk persiapan Tes Skolastik UTBK

Pahami Tes Skolastik dengan seksama

Adanya perubahan materi yang diujikan pada UTBK 2023, mewajibkan kamu untuk benar-benar memahami, apa sih yang dimaksud dengan Tes Skolastik? Ditambah lagi, banyaknya informasi mengenai Tes Skolastik terkadang malah membuat kita jadi bingung karena overwhelmed, dan jadi nggak tahu mau mulai dari mana, dan persiapannya seperti apa.

Nah, kamu bisa belajar dengan mengunakan aplikasi tes PLC Pekanbaru dengan materi Tes Skolastik UTBK, kamu akan mempelajari Konsep Dasar, Pembahasan Contoh Soal Tes Skolastik, dan Referensi Materi Lanjutan yang sudah dipetakan sesuai kebutuhan persiapan UTBK. Materi Persiapan UTBK 2023 ini akan tersedia pada akhir September 2022 untuk semua pengguna PLC Pekanbaru.

Cari dan Kuasai topik yang diprediksi akan muncul di UTBK 2023

Walaupun prediksi, tapi nggak boleh asal-asalan apalagi sembarangan. Kamu wajib memilih sumber belajar yang terpercaya!

Ukur kemampuan dengan latihan soal

“Practice makes perfect.” Ya! Salah satu cara terbaik menghadapi UTBK adalah dengan konsisten berlatih. Seringnya melatih diri juga berguna untuk mengetahui sejauh mana kemampuan diri kamu sendiri, ya. Dalam hal ini kamu harus sering-sering membiasakan diri mengerjakan latihan soal.

Agar kamu tidak salah arah, sudah saatnya belajar dengan “Latihan Soal UTBK” dari PLC Pekanbaru!

kamu bisa mengikuti even Tryout Gratis yang diadakan PLC Pekanabaru yang masing-masing memiliki subtes lengkap sesuai dengan apa yang diujikan di UTBK 2023. Selain kamu bisa berlatih tentunya kamu bisa mengulas soal yang belum kamu pahami pada sesi pembahasan sehingga kamu lebih mudah dipahami.

tryout gratis utbk 2023

Makin sering latihan soal, maka kita akan semakin kenal dengan tipe soalnya! Latihan Soal UTBK 2023 akan tersedia mulai akhir September 2022 nanti, ya.

Tambah referensi soal di luar latihan soal yang biasa kamu kerjakan

Selain berlatih dengan Latihan Soal UTBK 2023, kamu perlu menambah referensi dengan “Pembahasan Soal Online Tryout UTBK 2023” yang akan tersedia di awal tahun 2023. Di sini akan ada pembahasan detail untuk masing-masing soal, supaya pemahaman kamu makin OK! Selain itu ada tips dan trik  juga lho. Makin mantap persiapannya, makin siap menghadapi UTBK-nya.

Itulah informasi mengenai perubahan pada UTBK 2023 nanti. Saat ini adalah waktu yang tepat untuk kamu persiapkan dengan sebaik-baiknya, Ya. Dengan persiapan yang matang kamu akan lebih percaya diri dan #JadiLebihSiap menghadapi UTBK 2023.

Bersama PLC Pekanbaru, inya allah usaha kamu menggapai impian akan jauh lebih ringan. Berlatih dengan soal-soal berkualitas yang telah disesuaikan untuk UTBK 2023 dan memahami materi lewat pembahasan.  So, langsung saja cek paket belajar dari PLC Pekanbaru sekarang dan klik link di bawah ini!

***

Bimbel PLC Pekanbaru merupakan Bimbel Persiapan SNBT & Ujian Mandiri terbaik di Pekanbaru. Bimbel PLC menyediakan berbagai program pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa mulai dari Les Bebas, Les Kelas, Les Private, Les Akademik & Psikologi, Les Jasmani, hingga Les Persiapan selama 1 tahun.

 

Bimbel PLC Pekanbaru memanfaatkan teknologi terkini dalam proses pembelajaran, seperti penggunaan Aplikasi PLC Siswa untuk mendukung pembelajaran, simulasi tes berbasis CAT, Les Online dan TryOut Online melalui aplikasi, fitur pembahasan soal secara GRATIS, sehingga mempermudah akses siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu, tersedia juga Modul Belajar dengan UPDATE SOAL setiap tahunnya agar siswa lebih mantap lagi dalam mengasah soal-soal persiapan tes.

 

Bimbel PLC juga telah berhasil membawa banyak siswa untuk meraih prestasi dan cita-citanya, antara lain: PLC berhasil membantu 117 Siswanya LULUS Bintara Polri 2023, LULUS AKPOL 2023 sebanyak 4 orang, LULUS Kedinasan 2023 di berbagai instansi, CPNS, Siswa LULUS SNBT 2023 di berbagai Kampus Terbaik di Indonesia, dan masih banyak lagi.

 

Untuk kamu yang butuh persiapan tes secara maksimal, bimbingan belajar intensif, ayo bergabung bersama PLC Pekanbaru. Bersama PLC Pekanbaru, raih cita-citamu dari sekarang!

 

* Bimbel Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-polri/

* Bimbel TNI Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-tni/

* Bimbel Kedinasan Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-kedinasan/

* Bimbel SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sd/

* Bimbel SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-smp/

* Bimbel SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sma/

* Bimbel Persiapan Masuk Kampus Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-masuk-kampus/

* Bimbel Lainnya Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-lainnya/

* Les Private AKPOL Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/akpol/

* Les Private Bintara Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/bintara/

* Les Private SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sd/

* Les Private SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/smp/

* Les Private SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sma/

* Les Private Persiapan UTBK Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/persiapan-utbk/

* Les Private IPDN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/ipdn/

* Les Private STAN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/stan/

* Les Private CPNS Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/cpns/

* Fitur Belajar Online Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/belajar-online/

* TryOut PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/tryout-nasional/

* Konsultasi PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/konsultasi-premium/

* Tes PSIKOTES PLC Terbaik di Pekanbaru: https://psikotes.plcpekanbaru.com/dashboard/

 

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kami:

 

Website: www.plcpekanbaru.com

Instagram: https://instagram.com/plcpekanbaru?igshid=MmIzYWVlNDQ5Yg==

TikTok: www.tiktok.com/@plcpekanbaru

Youtube: https://youtube.com/@BIMBELPLCPEKANBARU

Shopee: https://shope.ee/3KxhsQJu2Z

Tokopedia: https://tokopedia.link/ZFRp9VAy7Bb

Share: